FOTO: Penyandang 'Down Syndrome' Pertama di Rally Dakar

AFP, CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 10:07 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Penyandang Down Syndrome Lucas Baron menjadi co-pilot buat ayahnya untuk ikut dalam Rally Dakar 2019 di Peru.

Lucas Baron bakal menjadi penyandang Down Syndrome pertama yang berpartisipasi dalam Rally Dakar 2019 start di Peru pada Minggu (6/1). (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Baron, 25 tahun, menjadi co-pilot buat ayahnya, Jacques, akan berjibaku di balapan yang dianggap terganas di dunia sejauh 5 ribu kilometer, selama 10 hari.  Baron mengincar menjadi bagian salah satu dari 500 kendaraan yang ikut reli. Dia yakin karena sudah mengenal rute balapan. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Baron dan ayahnya masuk di kategori UTV (Utility Task Vehicle) menggunakan buggie berpenggerak empat roda. Tugas Baron yaitu menyediakan bantuan teknis buat ayahnya selama lomba yang meliputi mesin, roda, dan perjalanan. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Peru bakal menjadi lokasi sepenuhnya Rally Dakar tahun ini karena Argentina, Chili, Paraguay, dan Bolivia menolak menjadi tuan rumah. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Adu cepat di jalur 'offroad' bukan satu-satunya olah raga yang pernah digeluti Baron. Dia diketahui pernah mencoba renang, sepak bola, sepeda, selancar, dan ski air. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Down Syndrome pada manusia dapat mempengaruhi intelektual dan perkembangan motoris, meski begitu seseorang yang mengidap bisa terus hidup. Jacques, 55 tahun, sudah pernah lima kali finis Rally Dakar, mengatakan tidak masalah mengajak anaknya menjadi co-pilot. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Baron sudah memenuhi berbagai syarat kesehatan dan administrasi untuk ikut Rally Dakar, sama seperti setiap pesaingnya. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)
Rally Dakar bakal dimulai pada 6 Januari hingga 17 Januari. Dimulai dari Ibu Kota Lima kemudian berkendara ke selatan ke arah Ica, Arequipa, Moquegua, kemudian Tacna, lantas ke perbatasan Chile. (Photo by ERNESTO BENAVIDES / AFP)


ARTIKEL TERKAIT