Sinar Biru di Langit New York Sempat Diduga Alien

CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 07:40 WIB
Sinar Biru di Langit New York Sempat Diduga Alien Ilustrasi. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Langit di atas New York berubah mengejutkan pada malam Kamis pekan silam (27/12/2018). Banyak penduduk mengira bahwa sinar biru di langit tersebut merupakan dampak kota mereka diserang oleh alien.

Dilansir dari Travel and Leisure, sekitar pukul 21.40 waktu setempat, asap memenuhi langit di atas Astoria, Queens selama tiga menit. Cahaya terang itu disebut melintas kode morse yang misterius, membuat beberapa penduduk gempar.

"Di luar gelap gulita, kemudian tiba-tiba seluruh sisi langit timur menyala dan berubah warna. Itu berlangsung beberapa menit," kata penduduk Madeleine Frank Reeves, warga West West Side, kepada News Observer.
Netizen juga sempat melemparkan pertanyaan dan kebingungan mereka di Twitter.





Perusahaan listrik, Con Edison dengan cepat mengeluarkan pemberitahuan mengenai kilatan biru misterius tersebut.

"[Cahaya itu disebabkan] kebakaran listrik singkat di gardu induk kami di Astoria yang melibatkan beberapa transformator listrik dan menyebabkan penurunan transmisi di daerah tersebut," terang perusahaan dalam pernyataan.

Juru bicara Con Edison juga menjelaskan pada Mashable bahwa telah terjadi kegagalan pada peralatan yang memonitor tegangan, bukan ledakan transformator. Kegagalan menyebabkan penurunan transmisi sehingga beberapa orang melihat lampu mereka atau layar TV berkedip atau padam.

"Ada kegagalan peralatan gardu induk yang bisa mengakibatkan busur kilat. Kegagalan menghasilkan pelepasan panas dan cahaya. Itulah cahaya yang dilihat orang-orang tadi malam," lanjutnya.

Kendati demikian, masih ada masyarakat yang tak mempercayai bahwa sinar itu karena ledakan dan bersikeras bahwa itu adalah serangan alien. Polisi pun akhirnya ikut turun tangan.
"[Kami] mengkonfirmasi bahwa insiden di Astoria adalah akibat ledakan transformator. Tidak ada yang terluka, tidak ada api, tidak ada bukti aktivitas ekstraterestrial," tulis Polisi New York City (NYPD) melalui Twitter pada Kamis (28/12).

Sementara itu, pemadaman listrik telah mempengaruhi Bandara LaGuardia. Bandara itu terpaksa memberhentikan aktivitas di darat selama satu jam meski saat itu adalah salah satu pekan perjalanan tersibuk tahun ini.

Pihak berwenang melaporkan bahwa tidak ada yang terluka dalam ledakan itu. Con Edison melaporkan kemudian malam itu bahwa semua saluran listrik di daerah itu dalam pelayanan dan bahwa sistem sudah daya stabil. (kst/age)