Stok Avanza Tipis, Model Lama Diskon Rp30 juta

CNN Indonesia | Jumat, 04/01/2019 06:00 WIB
Stok Avanza Tipis, Model Lama Diskon Rp30 juta Toyota Avanza. (Foto: toyota.astra.co.id)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dari keterangan beberapa dealer Toyota di kawasan Jakarta, stok Avanza semakin menipis jelang peluncuran model baru. Kelangkaan itu diakui oleh grup dealer terbesar Toyota, Auto2000.

Chief Executive Officer Auto2000 Martogi Siahaan membenarkan bahwa seluruh jaringan dealer mulai kehabisan stok Avanza. Katanya, Avanza produksi 2018 sudah hanya tinggal "beberapa" saja dan dipersiapkan habis dalam beberapa hari ke depan.

"Iya betul (stok mau habis) kurang lebih seperti itu. Tinggal sedikit lagi. Tapi berapa sisanya, saya tidak bisa sebutkan," kata Martogi saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (3/1).


Menurut tenaga penjual salah satu dealer Toyota di Jakarta Selatan, stok model lama Avanza surut hingga tinggal tipe manual yang didiskon Rp25 juta. Tenaga penjual dari dealer Toyota di Jakarta Timur menyatakan hal yang sama, namun dia menawarkan potongan harga dari Rp28 juta sampai Rp30 juta.

Banderol Avanza saat ini Rp191,1 juta - Rp221,25 juta, sedangkan Veloz Rp215,65 juta sampai Rp239,45 juta. Belum diketahui harga resmi model baru hingga jadwal peluncuran resmi.

Dipantau dari berbagai penampakan foto dan video yang viral di internet sejak dua hari lalu bisa dipahami punya latar belakang di lahan stok unit dealer atau saat sedang proses distribusi.

Hal itu bisa jadi menandakan produksi massal desain baru Avanza, berikut Daihatsu Xenia, di pabrik Daihatsu sudah dilakukan. Dalam arti lain, model lama Avanza telah berhenti diproduksi.

Mengingat cara kerja Daihatsu dan Toyota saat peluncuran model major change pada 2015 lalu, bisa jadi peluncuran model 2019 bakal dilakukan dalam hitungan pekan atau hari. Kabar yang beredar peluncuran Avanza dan Xenia terbaru akan dilakukan pada 15 Januari. (ryh/fea)