Apple Diminta Turunkan Harga iPhone di India

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 16:15 WIB
Apple Diminta Turunkan Harga iPhone di India Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penjualan iPhone di China dan India semakin tertinggal dibandingkan penjualan ponsel Samsung dan Xiaomi. Mahalnya harga iPhone menjadi salah satu penyebab ponsel ini mulai ditinggalkan konsumen di kedua negara tersebut.

Dilansir dari CNN, harga iPhone teranyar XR yang paling murah adalah US$1.430. Padahal upah tahunan di India adalah US$2 ribu. Oleh karena itu, Apple disarankan untuk mengurangi harga iPhone di India.

"Sementara kami terus berharap Apple akan fokus pada pasar India, itu hanya akan menemukan daya tarik terbatas dalam waktu dekat. Ini harus terus fokus pada penawaran produk yang lebih murah untuk mendapatkan pangsa pasar yang bermakna," kata analis di perusahaan riset Fitch Solutions. 


Bahkan perangkat yang sudah dibuat Apple di India seperti  iPhone SE dan iPhone 6S masih tidak terjangkau bagi banyak orang. Harga kedua perangkat masing-masing adalah US$430 atau sekitar Rp6,1 juta  dan US$270 atau sekitar Rp3,8 juta. 

Padahal rata-rata harga ponsel pintar di India dibanderol US$160 atau sekitar Rp2.2 juta.

Analis dari Counterpoint Research Neil Shah kecenderungan Apple untuk mengenakan biaya lebih banyak untuk iPhone di luar Amerika Serikat telah "menyebabkan permintaan melambat." "Apple perlu memperbaiki strategi penetapan harganya," ujar Neil.

Pesaing global seperti Samsung dan Xiaomi telah menandai India sebagai lahan basah penjualan ponsel pinta. Terhitung satu dari dua ponsel pintar yang terjual berasal dari kedua merek ini. 

Samsung dan Xiaomi memasok perangkat yang bersaing dalam kualitas dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Selain itu kedua mereka tersebut telah menyiapkan operasi manufaktur lokal besar untuk menghindari tarif dan menekan biaya produksi. 

Salah satu pertimbangan Apple menetapkan harga iPhone di suatu negara berdasarkan pajak dan kekuatan mata uang lokal terhadap dolar.  Pertimbangan ini menyebabkan tingginya harga di India tahun lalu,  setelah pemerintah menaikkan tarif ponsel pintar dari 15% menjadi 20%.

Varian 64 GB iPhone XS di India harganya sekitar US$430 lebih tinggi daripada Amerika Serikat.

"Perakitan di India penting bagi Apple karena berusaha menumbuhkan pendapatan di pasar India," kata Fitch Solution. (jnp/evn)