Tips Otomotif

Cara Aman Bermotor Ketika Angin Kencang

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 05/01/2019 17:29 WIB
Cara Aman Bermotor Ketika Angin Kencang Ketika pengendara menghadapi angin kencang sebaiknya pegang erat batang kemudi untuk keseimbangan sepeda motor agar tetap dalam posisi tegak. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pengendara sepeda motor harus siap ketika terjebak di tengah angin kencang yang sedang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Jangan anggap remeh angin kencang.

Pendiri dan Instruktur Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Palubuhu menyarankan pengendara harus waspada untuk mengantisipasi kejadian yang tidak diinginkan akibat angin kencang, jangan sampai berkendara saat angin kencang justru mencelakai diri sendiri, bahkan pengendara lain.

1. Kurangi kecepatan


Yang harus diantisipasi adalah menurunkan kecepatan ketika angin kencang mulai terasa dari berbagai sisi. Sebab, embusan angin kencang bisa mengurangi keseimbangan pengendara.

Ketika kita menghadapi kondisi ini sebaiknya pegang erat batang kemudi untuk keseimbangan sepeda motor agar tetap dalam posisi tegak.

"Kesetabilan tentu bisa goyang, jadi oleng. Nah yang dilakukan cukup sederhana, segera turunkan kecepatan. Sebab dikhawatirkan pengendara malah hilang kendali," kata Jusri kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (5/1).

2. Perhatikan arah angin

Pengendara harus perhatikan arah angin karena kondisi ini menentukan ke mana kita terhempas. Dan juga perhatikan objek yang bergerak di sekitar ketika kita terbawa oleh angin.

3. Menepi mencari tempat aman

Perhatikan kecepatan angin. Jika kecepatan semakin kencang, sebaiknya menepi dan mencari tempat yang aman. Hindari tempat berteduh dekat dengan pohon, billboard, halte, hingga lampu jalan.

"Bahayanya kan kalau misal sudah badai, atau puting beliung. Cari tempat yang jauh dari benda-benda tinggi rawan roboh. Jangan malah buat celaka karena angin tersebut," ucap Jusri. (ryh/mik)