Brosur Wagon R di India Bocor, Tidak Muat 7 Penumpang

CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 08:52 WIB
Brosur Wagon R di India Bocor, Tidak Muat 7 Penumpang Suzuki Karimun Wagon R yang dijual di Indonesia. (Foto: Dok. Suzuki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Brosur yang diduga menunjukkan spesifikasi generasi baru Suzuki Karimun Wagon R bocor di internet. Diberitakan team-bhp.com, dalam bocoran itu terpampang data diri Wagon R yang berubah semakin besar dan tetap mengandalkan Automated Manual Transmission (AMT).

Menurut brosur itu, panjang generasi baru Wagon R menjadi 3,655 m, lebar 1,62 m, dan tinggi 1,675 m, plus wheelbase 2,435 m.

Di situs resmi Maruti Suzuki, Wagon R yang sekarang dijual memiliki panjang 3,599 m, lebar 1,495 m, tinggi 1,70 mm, serta wheelbase 2,4 m. Dimensi ini hampir serupa dengan Wagon R yang dijual di Indonesia.


Bila spesifikasi Wagon R model lama di India dibandingkan dengan bocoran data generasi baru, maka generasi baru lebih panjang 5,6 cm, lebih lebar 12,5 cm, dan makin pendek 2,5 cm. Sementara ukuran wheelbase memanjang 3,5 cm.

Generasi baru Wagon R di India tersedia tiga varian, yaitu LXi, VXi, dan ZXi. AMT tersedia pada varian VXi dan ZXi.

Ada dua pilihan mesin bensin, yaitu 3-silinder K10B 998 cc (67 tk dan 90 Nm) dan 4-silinder K12M 1.197 cc (82 tk dan 113 Nm). LXi hanya diberikan mesin 998 cc, mesin lebih besar untuk varian atas ZXi, sedangkan varian tengah VXi mendapatkan opsi kedua mesin itu.

Tidak ada tanda-tanda Wagon R berubah menjadi tujuh penumpang seperti yang dinanti di Indonesia sebab yang terpampang pada brosur kapasitas kabinnya untuk lima orang. Selain itu tidak ada juga tanda Wagon R dirancang menggunakan platform modern Suzuki, Heartech, yang sudah digunakan pada Ignis dan Baleno.

Semua varian menggunakan pelek 14 inci kecuali LXi memakai pelek 13 inci. Sama seperti generasi sebelumnya, berat kosong Wagon R tidak lebih dari 1 ton. Brosur menunjukkan berat kosong di antara 805 kg - 840 kg.

Bukan hanya spesifikasi, bocoran juga mengungkap wajah depan generasi baru Wagon R. Tampangnya membulat namun tetap memperlihatkan proporsi mengotak seperti ciri khasnya sejak generasi pertama.

Lampu depan membulat dan bertumpuk dengan lampu sein yang berada di bawahnya. Terdapat bilah pada gril yang dipisahkan logo Suzuki, desain ini mirip pada Ignis. (fea/fea)