Intip Fitur Baru Toyota Avanza 2019

Tim, CNN Indonesia | Senin, 07/01/2019 15:30 WIB
Intip Fitur Baru Toyota Avanza 2019 Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika
Jakarta, CNN Indonesia -- Toyota Avanza 2019 disebut diluncurkan bulan ini untuk menandingi Mitsubishi Xpander yang telah menggairahkan pasar low MPV dalam negeri sejak kehadirannya pada akhir 2017. Dari foto-foto yang beredar di media sosial terungkap Avanza 2019 menggunakan beberapa fitur baru.

Dari sejumlah gambar terungkap Avanza model baru tersedia tipe E, G, 1.5 G dan tipe 1.3 Veloz serta 1.5 Veloz. Dalam foto-foto yang tersebar jelas Avanza dan Veloz baru menggunakan lampu LED, bumper depan dan belakang baru.

Namun ubahan disebut-sebut tak sampai bagian platformnya, bahkan masih mengandalkan penggerak roda belakang yang menjadi 'senjata' mematikan Toyota di segmen low MPV di Indonesia.


Untuk diketahui, MPV 'murah' yang menggunakan penggerak roda belakang diisi Avanza, Xenia. 15 tahun kemudian muncul Wuling Confero yang mengandalkan penggerak serupa.

Terlepas dari itu, ubahan lain pada Avanza dan Veloz model baru patut disimak. Akun instagram yang menamai dirinya avanza2019official mengunggah sejumlah fitur baru pada Avanza 2019 dan Veloz 2019, mulai AC digital tersedia dari tipe E, ini menggantikan model lama dengan knop.

Selain itu pada Avanza terbaru menyuguhkan headunit yang memiliki dimensi enam inci dan kelebihannya bisa mirroring ponsel pintar. Sementara untuk tipe 1.5 Veloz memiliki monitor yang terpasang di blower menempil di bodi pendingin ruangan bagian tengah.
Akun itu juga menjelaskan tipe Veloz memiliki futur tambahan yaitu tombol engine start/stop dan retractable outer mirror atau spion luar bisa dilipat dengan menekan tombol di dekat pengemudi.

Salah satu tenaga penjual dealer Toyota di kawasan Jakarta Pusat mengatakan Avanza terbaru varian G dan Veloz tidak lagi menggunakan model kunci 'colok'. Buat menyalakan mesin cukup pencet tombol "start" dan tersedia fitur keyless.

"Untuk keyless itu hanya di dua varian tersebut, dan untuk Veloz AC sudah digital," kata tenaga penjual Toyota kepada CNNIndonesia.com.

Toyota dikabarkan telah melakukan distribusi Avanza dan Veloz 2019 ke seluruh dealer resminya di Indonesia. Kedatangan model barunya praktis membuat stok Avanza 2018 menipis dan harga per unitnya dipangkas sampai Rp30 juta.

Kelangkaan Avanza model lama juga terasa di dealer Toyota di Jakarta Timur. Menurut salah satu tenaga penjual, Avanza yang tersisa bisa dihitung jari dan konsumen yang mau mendapat diskon Rp30 juta.

"Untuk yang otomatis saya cek memang sudah habis, jadi yang barangnya mudah tipe manual. Dan diskonnya kami buka dari Rp28 juta sampai Rp30 juta," ungkapnya. (ryh/mik)