Apple Tanggapi Keluhan iPad Pro 2018 Mudah Melengkung

CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 17:40 WIB
Apple Tanggapi Keluhan iPad Pro 2018 Mudah Melengkung Ilustrasi (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple menampik anggapan kalau iPad Pro 2018 merupakan produk cacat. Pernyataan itu diberikan untuk menanggapi keluhan bahwa perangkat perusahaan asal Cupertino itu mudah melengkung.

Menurut Ubergizmo, Senin (7/1), Apple bahkan telah mempublikasikan sebuah halaman khusus untuk menjelaskan proses pembuatan iPad Pro 2018. Langkah ini diambil untuk menunjukkan bahwa produk itu "normal".

Apple mengatakan iPad Pro 11 inci dan 12,9 inci memiliki penutup unibody aluminium yang kuat, ringan, dan tahan lama. Alih-alih tepi melengkung yang ditemukan pada model iPad generasi sebelumnya, iPad Pro baru memiliki desain persegi panjang dengan tepi lurus.


Halaman dukungan itu juga menjelaskan bahwa antena di sisi iPad Pro pada dasarnya menawarkan kinerja seluler yang optimal. Antena itu diproduksi melalui proses suhu tinggi yang disebut co-moulding yang mengikat plastik ke permukaan aluminium.

"Dalam proses suhu tinggi ini, plastik disuntikkan ke saluran yang tepat ke dalam selungkup aluminium di mana ia mengikat ke pori-pori mikro di permukaan aluminium," demikian bunyi halaman pendukung Apple

"Setelah plastik mendingin, seluruh selungkup selesai dengan Operasi pemesinan CNC presisi. Proses ini menghasilkan integrasi plastik dan aluminium yang mulus ke dalam satu selungkup yang kuat," lanjut Apple.

Apple mengatakan spesifikasi kerataannya "tidak memungkinkan penyimpangan di sisi mana pun lebih dari 400 mikron". Perusahaan menjamin pengguna penyimpangan di bawah 400 mikron tidak akan memengaruhi kekuatan iPad atau kinerjanya.

Oleh karena itu, Apple memberikan kebijakan pengembalian 14 hari untuk produk yang dibawa langsung dari perusahaan. Mereka juga meminta konsumen pemilik iPad Pro yang bengkok melebihi standar 400 mikron untuk menghubungi bagian layanan pelanggan Apple.

Namun sejauh ini, ada beragam laporan tentang bagaimana Apple menangani pengembalian atau pertukaran perangkat. Karena Apple mengklaim bahwa ini bukan cacat, ada beberapa pengguna yang melaporkan bahwa mereka tidak dapat menukarnya meski masih bergaransi.

Sebelumnya, sejumlah pengguna melaporkan bahwa iPad Pro 2018 mereka mudah melengkung, Namun produk itu bukan yang pertama sebab iPhone 6 juga pernah tertimpa kabar miring yang sama, seperti ditulis Uber Gizmo. (kst/eks)