Fosil Rusa dari Zaman Prasejarah Ditemukan di Argentina

CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 12:22 WIB
Fosil Rusa dari Zaman Prasejarah Ditemukan di Argentina Ilustrasi rusa. (Foto: REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim peneliti dari Universitas La Matanza, Argentina menemukan fosil rusa dari zaman prasejarah di sebelah utara Buenos Aires.

Fosil yang usianya belum bisa diperkirakan itu masih memiliki 70 persen bagian tubuh mulai dari tulang belakang, kaki, dan gigi. Tim menyebut temuan tulang rusa tersusun layaknya dalam kondisi layaknya masih hidup.

"Sungguh menakjuban melihat bagimana tulang belakang dan leher rusa tetap tersusun layaknya 'masih hidup'," terang Jose Luis Aguillar, direktur museum Palentologi San Pedro.


Mengutip AFP, selain satu set gigi dan tulang belakang yang masih lengkap, kerangka ini juga memiliki 20 tulang rusuk, tulang panggul, kaki belakang, dan bagian tulang paha.

Sejauh ini peneliti memperkirakan rusia yang belum memilki nama ini berasal dari genus Morenelaphus yang hanya tersisa beberapa fragmen. Meski terlihat kecil jika dilihat dari susunan tulangnya, peneliti memperkirakan bobot hewan dari genus Morenelaphus bisa mencapai 200 kilogram.

Tim peneliti akan melakukan studi lebih lanjut untuk menentukan usia fosil. Namun jika melihat dari asal genus Morenelaphus yang berasal dari zaman Pleistosen yang berlangsung dari 2,5 juta tahun lalu hingga sekitar 12.000 tahun lalu.

"Temuan fossil rusa ini memberikan petunjuk soal kehidupan di zaman prasearah saat lingkungan habitat mereka sangat jauh berbeda dengan sekarang," imbuh Aguilar yang merpakan salah satu tim peneliti.

Selain fossil rusa, dalam kurun 17 tahun terakhir di situs yang sama juga telah ditemukan 24 fosil mamalia dan reptil. (AFP/evn)


ARTIKEL TERKAIT