Buka 2019, Toyota Rilis Sedan untuk Para Bos

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 12:07 WIB
Buka 2019, Toyota Rilis Sedan untuk Para Bos Toyota Camry generasi baru diluncurkan di Indonesia pada Selasa (8/1). (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Toyota-Astra Motor (TAM) memulai kompetisi otomotif lokal pada tahun ini dengan meluncurkan Camry generasi baru di Indonesia, hari ini, Selasa (8/1). Untuk para bos perusahaan, Camry terbaru dijual tiga varian, yaitu G Rp613 juta, V Rp646,65 juta, dan Hybrid Rp806,6 juta, masing-masing harga on-the-road.

Toyota Camry terbaru merupakan produk kedua di Tanah Air yang menggunakan Toyota New Global Architecture (TNGA) setelah CH-R.

Semua varian menggunakan mesin 4-silinder 2.500 cc namun beda tipe. Pada varian G dan V dibekali mesin 2AR-FE (183 ps/180 tenaga kuda dan torsi 23,9 kgm), sedangkan Hybrid memakai A25A-FXS (178 ps/175 tenaga kuda dan torsi 22,5 kgm plus torsi tambahan 20,6 kgm dari motor listrik).


Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmy dalam materi presentasinya saat peluncuran mengatakan, "Perubahan pada Camry belum pernah kita lihat sebelumnya. TNGA menjadikan Camry punya titik gravitasi lebih rendah yang mendukung handling lebih baik dan paket aerodinamik menyempurnakan rancangan eksterior buat performa."

Kini Camry lebih percaya diri bersaing dengan Honda Accord di Indonesia. Kedua model itu akan berebut konsumen yang umumnya berkantong tebal sebagai pemimpin perusahaan di dalam negeri.

Berdasarkan pengembangan berbasis TNGA, desain generasi kedelapan Camry berubah dari kemasan kalem dan praktis menjadi sedan yang punya tiga kata kunci menurut insinyur Toyota, yaitu 'Aggressive', 'Smart', dan 'Confidence'.

Camry punya dimensi panjang 4.885 mm, lebar 1.840 mm, tinggi 1.445 mm, serta wheelbase 2.825 mm. Ukuran itu lebih panjang 35 mm, lebih lebar 15 mm, lebih rendah 35 mm, dan sumbu roda lebih panjang 50 mm dari model sebelumnya.

Toyota Camry membidik konsumen berkantong tebal yang menggemari mobil mewah.Toyota Camry membidik konsumen berkantong tebal yang menggemari mobil mewah. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Fitur Terkini

Pada eksterior, wajah Camry kini terlihat mirip Vios dan Yaris yang sudah dijual di dalam negeri. Meski begitu wajah Camry terlihat mewah karena lampu depan LED, begitu pula pada lampu belakang.

Kemewahan Camry sebenarnya ada di kabin. Desain dasbor sekarang dirancang seperti cockpit dengan banyak tombol di sekitar, menggantikan kombinasi huruf "T" yang ada sebelumnya.

Sopir dan penumpang didukung fitur kenyamanan seperti headunit layar sentuh 9 inci plus 6 speaker, Multi Information Display (MID) 4,2 inc berisi indikator mengemudi dan tekanan ban, serta AC dual zone. Pada varian V dan Hybrid fitur tambahan yaitu moon roof dan wireless charging.

Toyota Camry tipe hybrid menawarkan logo dengan aksen biru.Toyota Camry tipe hybrid menawarkan logo dengan aksen biru. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Guna mendukung keselamatan semua varian Camry dibekali fitur tujuh kantong udara, Blind Spot Monitor, Rear Cross Traffic Alert, Brake Hold Function, ABS, EBD, BA, VSC, dan HSA.

Anton menjelaskan bahwa khusus varian Hybrid performa meningkat 12,7 persen dan kesenyapan kabin membaik 14 persen dibanding model lama.

Posisi baterai kini diletakkan di bawah jok penumpang belakang, pindah dari sebelumnya di bagasi. Hal itu meningkatkan nilai kepraktisan, sebab bagasi sekarang bisa mengangkut lebih banyak barang.

Toyota Camry generasi baru untuk tipe Hybrid punya fitur tambahan yaitu headunit layar sentuh 8 inci plus 9 speaker merek JBL, MID 7 inci, Head Unit Display, dan AC triple zone. (fea/mik)