Intel Garap Cip AI untuk Membaca Algoritme

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 00:45 WIB
Intel Garap Cip AI untuk Membaca Algoritme Ilustrasi. (Foto: AFP PHOTO / REMY GABALDA)
Jakarta, CNN Indonesia -- Intel Corp mengumumkan kerja sama untuk menggarap cip kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI) yang mampu membaca dan menggunakan suatu algoritme. Intel menargetkan inference cip akan rampung pada paruh kedua 2019.

Kerja sama yang diumumkan pada gelaran Consumer Electronics Show di Las Vegas, Senin (7/1) ini nantinya akan membantu proses otomatisasi berbasis kecerdasan buatan dalam kehidupan manusia. Sebagai contoh dengan menandai teman secara otomatis di foto Facebook.

Dilansir dari Reuters, cip ini merupakan upaya awal Intel untuk mempertahankan pasar komputasi kecerdasan buatan yang tengah tumbuh dengan cepat di dunia.


Prosesor Intel saat ini masih mendominasi pasar machine learning. Para analis di Morningstar memprediksi pangsa pasar machine learning akan bernilai $ 11,8 miliar pada tahun 2021.

Namun, cip hasil kolaborasi ini akan bersaing ketat dengan Amazon Web Services dan NVidia. NVidia meluncurkan cip keceradan buatannya pada September lalu. Disusul Amaxon pada November silam.

Kendati demikian, cip besutan Amazon bukan ancaman langsung terhadap bisnis Intel dan Nvidia karena tidak akan menjual chip tersebut. 

Pasalnya Amazon hanya akan menjual layanan kepada pelanggan cloud-nya yang beroperasi mulai tahun depan. Jika Amazon mengandalkan chipnya sendiri, maka hal tersebut bisa mencuri pelanggan utama dari Nvidia dan Intel.

Menurut kepala pusat data int Navin Shenoy, inference cip baru akan tersedia di laptop pada musim belanja liburan 2019 dan di pusat data pada awal tahun depan. (jnp/evn)