Menjemput Rezeki di Awal Tahun 2019, Nissan Rilis MPV

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 08/01/2019 15:00 WIB
Menjemput Rezeki di Awal Tahun 2019, Nissan Rilis MPV Logo Nissan. (Foto: REUTERS/Benoit Tessier)
Jakarta, CNN Indonesia -- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) punya produk baru yang bakal diluncurkan di Indonesia tahun ini. Santer diberitakan bahwa Nissan akan meluncurkan 'kembaran Xpander' di segmen low multi purpose vehicle (LMPV) wujud sinergi aliansi global Nissan-Mitsubishi.

Bahkan sejumlah rekayasa low MPV Nissan telah menghiasi jagat maya dalam beberapa waktu. Terakhir akun resmi menamai dirinya Instagram Otoproject mengunggah dua siluet diduga 'Nissan Xpander'. Satu gambar tampak depan, dan satunya lagi tampak samping.

Si pengunggah menambahkan tulisan pada foto 'Grand Livina Susul Avanza atau Xenia Bulan Maret' yang disertai tanda tanya.



[Gambas:Instagram]


Kabar kehadiran Nissan Xpander sepertinya tak bisa terbendung lagi, dan sempat diucapkan oleh Chief Executive Mitsubishi Motor Corporation (MMC) Osamu Masuko pada awal Oktober 2018, bahwa mesin 1.500 cc Xpander bakal diproduksi pabrik Nissan Motor Indonesia (NMI) mulai tahun fiskal 2020.

Nantinya Nissan disebut bisa memanfaatkan mesin tersebut untuk model low MPV-nya, namun desain dan nama kendaraannya tergantung pada Nissan.

Head of Communication NMI Hana Maharani membenarkan rencana pihaknya meluncurkan mobil penumpang di segmen low MPV yang sudah menjadi agenda jangka menengah dari NMI di Indonesia.

"Mengulang kembali mengenai rencana mid-term plan Nissan di Indonesia, kita punya rencana jangka menengah yang kuat, di mana salah satunya adalah peluncuran produk-produk baru, salah satunya adalah MPV baru. Namun, informasi lebih lanjut terkait hal tersebut belum bisa disampaikan saat ini," kata Hana lewat pesan singkat kepada CNNIndonesia.com, Selasa (8/1).

Diberitakan sebelumnya, Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengumumkan bakal meningkatkan kapasitas pabrik di Bekasi mencapai 220.000 unit per tahun, pada tahun fiskal 2020 (April 2020 - Maret 2021), setelah mengucurkan dana investasi baru sebesar 4 miliar yen (Rp540 miliar).

Penambahan kapasitas produksi itu dimanfaatkan untuk mendongkrak volume produksi Xpander menjadi 160.000 unit per tahun dari sebelumnya sebesar 115.000 unit per tahun.

Kendati pihak NMI masih menutup-nutupi terkait kehadiran 'Nissan Xpander', namun kabar kemunculan low MPV Nissan di Tanah Air sedikit terungkap dari salah satu tenaga penjual dealer Nissan.

"Iya benar Maret nanti peluncuran (low MPV), tetapi bocoran lainnya saya belum dapat. (Desainnya) mirip Xpander," kata tenaga penjual dealer Nissan di Jakarta Selatan. (ryh/mik)


BACA JUGA