London Tetap Jadi Tujuan Utama Investasi Teknologi di Eropa

Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 09/01/2019 13:50 WIB
London Tetap Jadi Tujuan Utama Investasi Teknologi di Eropa Ilustrasi. (AFP PHOTO / DANIEL LEAL-OLIVAS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepanjang 2018, London menjadi tujuan utama di Eropa untuk melakukan investasi teknologi. Jumlah investasi teknologi di London mencapai dua kali lipat lebi banyak dibandingkan kota besar terdekat lainnya seperti Berlin.

Dilansir dari Reuters, perusahaan teknologi di London menarik 1,8 miliar pound atau setara dengan US$2,3 miliar dalam pendanaan modal ventura. Jumlah ini mencakup 72 persen dari total 2,5 miliar pound yang dikumpulkan oleh bisnis teknologi Inggris.

Data tersebut berasal dari basis data pendanaan PitchBook atas nama Walikota London.
Eileen Burbidge, mitra perusahaan modal ventura Passion Capital mengatakan London adalah pusat terkemuka untuk teknologi keuangan berkat posisinya sebagai salah satu pusat keuangan terbesar di dunia.


Sementara universitas di London membantu menciptakan perusahaan yang menawarkan kecerdasan buatan (AI).

"Kami mendapat banyak panggilan dan pertanyaan dari investor di AS dan Asia untuk mencari peluang fintech," katanya kepada Reuters.
"Di fintech, AI dan beberapa sektor lain seperti ilmu kehidupan dan robot, London benar-benar memimpin dunia."

Data dari PitchBook menunjukkan bahwa baik Berlin dan Paris menjadi salah satu lawan London dalam perebutan dana di seluruh Eropa.

Berlin menarik 937 juta pound investasi pada 2018, hampir dua kali lipat dari total tahun sebelumnya, sementara 797 juta pound pergi ke kelompok teknologi di Paris ketika Presiden Emmanuel Macron meningkatkan promosinya di negara itu.
Di Inggris secara keseluruhan, investasi dalam AI naik 47 persen menjadi 736 juta pound, sementara 1,2 miliar pound masuk ke sektor fintech yang sedang booming dan perusahaan-perusahaan seperti bank digital Revolut dan Monzo.

Total pendanaan modal ventura dalam teknologi Eropa tergelincir sedikit pada 2018, dengan 10,44 miliar pound dinaikkan, dibandingkan 10,47 miliar pound pada 2017. (age/age)