Bukalapak Tak Utamakan Status 'Decacorn'

CNN Indonesia | Kamis, 10/01/2019 19:30 WIB
Bukalapak Tak Utamakan Status 'Decacorn' Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bukalapak menyebut kalau mereka tidak menjadikan status decacorn sebagai tujuan utama mereka dalam berbisnis. Decacorn adalah sebutan untuk perusahaan teknologi dengan valuasi di atas US$10 miliar atau setara Rp141 triliun (kurs Rp14.074).

"Menurut saya yang namanya decacorn, unicorn, itu adalah bukan sesuatu yang kita cari sebagai tujuan utama," ujar Chief Financial Officer (CFO) Bukalapak Fajrin Rasyid saat ditemui pada konferensi pers di Jakarta Convetion Center, Jakarta, Kamis (10/1).

"Tujuan utama Bukalapak terdekat adalah bagaimana Bukalapak bisa terus berkembang dan bisa memajukan UKM di Indonesia," lanjutnya.


Menurut Fajrin, valuasi akan datang sendiri sebagai hasil dari fokus bisnis mereka pada transaksi e-Commerce.

Pernyataan itu diberikan Fajrin dalam menanggapi prediksi Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bahwa Indonesia akan punya dua startup decacorn di 2019.

"Potensi (decacorn) dua tetapi setidaknya satu. Saya nggak mau sebut namanya," ujar Rudiantara di Hotel Mulia Jakarta, Rabu (9/1).

Saat ini, Asia Tenggara hanya memiliki satu startup decacorn yaitu Grab Holdings. Sementara, setidaknya 7 perusahaan startup unicorn di regional ini termasuk Gojek, Tokopedia, Traveloka dan Bukalapak sendiri. (kst/eks)