Apple Bakal Luncurkan Fitur Kamera di iPhone Anyar Tahun Ini

CNN Indonesia | Sabtu, 12/01/2019 23:14 WIB
Apple Bakal Luncurkan Fitur Kamera di iPhone Anyar Tahun Ini Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple kabarnya akan mengeluarkan fitur kamera baru tahun ini bersaman dengan pelncuran tiga iPhone anyar perusahaan berlogo Apple itu.

Tiga ponsel ini akan jadi penerus iPhone XR yang saat ini mengalami masalah penjualan, seperti dilaporkan Wall Street Journal mengutip sumber yang mengetahui perihal ini, Jumat (11/1). Apple masih belum bisa dimintai komentar diluar jam operasional mereka, seperti disebutkan Reuters.

Belakangan penjualan Apple disebut tidak terlalu menggembirakan. Laporan terbaru Counterpoint Research belum lama ini memperkirakan angka penurunan penjualan iPhone.


Penurunan penjualan iPhone ini disebut-sebut terpengaruh juga oleh perang dagang China-Amerika Serikat. Beberapa perusahaan China pun mendorong karyawannya untuk membeli ponsel pintar dari vendor lokal.

Tak cuma itu, Apple juga dikabarkan mengurangi produksi tiga varian iPhone terbarunya yakni iPhone XS, iPhone XS Max, dan iPhone XR dalam beberapa pekan terakhir, seperti dilaporkan WSJ akhir November lalu.

Pemangkasan ini dilakukan lantaran angka permintaan ketiga generasi penerus iPhone X jauh dari yang telah diperkirakan sebelumnya. Apple disebut juga kesulitan memasok komponen utuk iPhone barunya itu. Selain itu, penjualan jelang akhir tahun Apple juga ternyata jauh di bawah ekspektasi.

Secara keseluruhan, penjualan smartphone itu pada periode November diperkirakan menurun sebesar 20 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Dalam situsnya, Counterpoint Research menulis bahwa sepanjang November, penjualan Apple untuk iPhone XR dengan model 64GB bukan menjadi perangkat terlaris seperti yang diharapkan perusahaan itu.

(eks/arh)