Dituduh Jadi Mata-mata, Bos Huawei Ditangkap di Polandia

CNN Indonesia | Jumat, 11/01/2019 18:26 WIB
Dituduh Jadi Mata-mata, Bos Huawei Ditangkap di Polandia Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Aly Song)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polandia mengamankan seorang pengusaha atas tuduhan menjadi mata-mata bagi China pada Jumat (11/1).

Juru bicara badan intelijen Polandia, Stanislaw Zaryn mengatakan ada dua orang yang diamankan oleh pihak berwajib.

"Kedua pria ditangkap pada Selasa (8/1) dan diduga bekerja menjadi mata-mata China sehingga merugikan Polandia," ucap Zaryn seperti dilansir AFP.


Salah seorang yang diamankan diketahui berkewarganegaraan China. Sementara satu lainnya merupakan warga negara Polandia.

Wakil kepala Badan Intelijen Maciej Wasik mengakui jika warga negara Polandia turut diamankan atas tuduhan bekerja sama dengan pria yang ditengarai sebagai pengusaha untuk perusahaan asal China.

Tersangka warga negara Polandia dianggap sebagai mantan agen untuk perusahaan intelijen ABW yang kini bekerja sebagai konsultan keamanan siber dari operator asal Prancis, Orange.

Media lokal meyakini sosok asal China yang dimaksud adalah salah satu direktur Huawei cabang Polandia.

Kabar penangkapan ini mengemuka selang sebulan setelah penangkapan chief financial officer Huawei Meng Wanzhou di Kanada atas permintaan AS pada 1 Desember silam. Meng dituduh menggnakan anak perusahaan terselubug untuk menjual data ke Iran.

Putri pendiri Huawei tersebut akhirnya dibebaskan pada Selasa (11/12) dengan jaminan sebesar Rp108 miliar. (AFP/evn)