Ford Disebut Berencana Pangkas 1.150 Pekerja di Inggris

CNN Indonesia | Sabtu, 12/01/2019 18:53 WIB
Ford Disebut Berencana Pangkas 1.150 Pekerja di Inggris Ford (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produsen mobil Amerika Ford berencana memangkas 1.150 karyawannya di Inggris. Hal ini diungkapkan oleh serikat pekerja Unite, Jumat (12/1).

Sekitar 1.000 pekerjaan akan hilang di pabrik mesin Ford Bridgend di Wales. Sedangkan sisanya di bagian operasi transportasi. Serikat pekerja mengungkapkan bahwa bidang operasional ini akan memengaruhi pengemudi truk.

"Rencana itu akan menghasilkan pengurangan pekerjaan, baik per jam dan gaji. Tapi masih terlalu dini untuk berspekulasi tentang berapa banyak (yang akan dikurangi). Kami baru saja akan memulai diskusi dengan dewan pekerjaan dan serikat pekerja," tulis Ford dalam pernyataannya.



Mengutip Reuters, pada Kamis (11/1), Ford mengungkapkan bahwa mereka akan memangkas ribuan pekerja, melihat kemungkinan penutupan pabrik, dan menghentikan produksi lini kendaraan yang merugi.

Ini dilakukan sebagai bagian dari perubahan haluan. Mereka mengatakan juga akan mulai berkonsultasi dengan serikat pekerja tentang rencana tersebut.

"Unite berkomitmen penuh untuk menentang segala redudansi wajib dan berkampanye agar Bridgend memiliki masa depan yang layak," kata Des Quinn, juru bicara Unite, dalam pernyataannya.


(Reuters/chs)