Punya Pacar dan Menikah, Resolusi Tertinggi Netizen di 2019

CNN Indonesia | Sabtu, 12/01/2019 17:50 WIB
Punya Pacar dan Menikah, Resolusi Tertinggi Netizen di 2019 Ilustrasi pernikahan. (Foto: Dok. Jozz Felix Photography)
Jakarta, CNN Indonesia -- Awal tahun biasa dijadikan menjadi momen menyusun kembali rencana dan resolusi untuk setahun mendatang. Beragam harapan biasanya muncul dan tak jarang diungkapkan ke media sosial.

Isentia, perusahaan analisa dan pemantauan media berbasis Australia, menemukan memiliki pacar atau menikah merupakan resolusi tertinggi yang dibicarakan warganet Indonesia saat membahas keinginan pada 2019.

Hal itu diketahui melalui penelitian terhadap 14.349 buzz di media sosial terkait resolusi di tahun 2019 pada 1 Desember 2018 hingga 10 Januari 2019. Hasil diperoleh dari 93 persen pembicaraan di Twitter, 4 persen di Facebook, 2 persen Instagram, dan 1 persen dari blog serta forum.



Melalui keterangan tertulis, Senior Insights Analyst Isentia Indonesia Jessica Aditya mengatakan sekitar 78 persen resolusi warganet ialah mempunyai pacar atau menikah dan sekitar 13 persen ingin memiliki kendaraan pribadi.

Resolusi lainnya terdiri dari 3 persen ingin berinvestasi dan hidup sehat, 2 persen mengenai liburan dan sukses dalam berkarier, 1 persen warganet menyinggung kelulusan pendidikan.

Keinginan menjadi kurus dan membahagiakan orang tua tercatat ikut ambil bagian sekitar 0,7 persen dan 0,1 persen dalam pembicaraan resolusi tahun ini.


Jessica menyatakan meski memiliki pacar menjadi hal yang banyak diungkapkan warganet di media sosial tetapi duit menjadi kata yang paling sering ditulis. Berdasarkan pantauan timnya, kata duit disebut 2.199 kali dalam perbincangan resolusi 2019.

"Meski sebagian besar netizen Indonesia memiliki resolusi untuk mempunyai pacar atau menikah di tahun ini, kata 'duit' bisa jadi paling banyak disebut karena relevan dengan hampir semua resolusi," katanya. (chri/asa)