Jegal Dominasi Xiaomi di India, Samsung Bidik Segmen Milenial

CNN Indonesia | Senin, 14/01/2019 07:32 WIB
Jegal Dominasi Xiaomi di India, Samsung Bidik Segmen Milenial Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dominasi Xiaomi di India membuat Samsung mengubah strategis bisnisnya di sana. Demi menjegal kompetitornya asal China tersebut, Samsung dikabarkan bakal merilis ponsel seri M yang dibanderol dengan harga murah.

Tak tanggung-tanggung, perusahaan asal Korea Selatan itu bakal merilis tiga ponsel seri M sekaligus.

Ketiganya hanya akan dipasarkan lewat situs resmi Samsung dan Amazon. Dengan cara tersebut, kepala bisnis mobile Samsung India Asim Warsi menargetkan bisnis perusahaannya tumbuh dua kali lipat.


"Seri M dibuat dan menyasar segmen milenial India. Ponsel ini akan dirilis pada akhir Januari di India, menyusul secara global setelahnya," ucap Warsi seperti dilansir Reuters.

Meski minim informasi, Warsi mengatakan akan membawa ponsel dengan baterai lebih bertenaga dan fitur fast charging. Warsi juga mengatakan akan memasarkan ponsel buatan India yang dibanderol di kisaran harga 10 ribu hingga 20 ribu rupee.

Data yang dirilis lembaga riset Counterpoint mencatat pengapalan Samsung di India telah tertinggal dibanding rivalnya Xiaomi yang menguasai dua dari tiga area bisnis di sana.

Aris perdagangan pemerintah mencatat dalam setahun terakhir hingga Maret 2018, penjualan ponsel Samsung di India menyentuh US$5,3 miliar. Atas dasar itu, Samsung akan memperkuat fokus bisnisnya di India yang mencatat 350 juta warganya masih belum 'terjamah' ponsel pintar.

"Ada banyak rencana untuk India, mulai dari pembukaan pusat riset dan pengembangan serta pengembanan bisnis lainnya untuk konsumen kami di sana," ucap Warsi. (Reuters/evn)