YouTube Bikin Fitur Gestur Semudah 'Stories' di Instagram

CNN Indonesia | Selasa, 15/01/2019 14:24 WIB
YouTube Bikin Fitur Gestur Semudah 'Stories' di Instagram Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Youtube akan meluncurkan fitur serupa Stories di Instagram. Nantinya, pengguna bakal bisa berganti video berikutnya hanya dengan menggeser video. Geser ke kanan untuk maju ke video selanjutnya dan geser kiri untuk mundur ke video sebelumnya.

Saat pengguna menggeser video ke depan, detik terakhir pengguna meninggalkan video sebelumnya akan tersimpan. Jadi ketika pengguna menggeser kembali ke belakang, pengguna bisa kembali melanjutkan tontonan yang ditinggalkan sebelumnya.

Fitur gestur serupa dilakukan pengguna Instagram saat akan melihat Stories berikutnya. Fitur ini akan diluncurkan pada minggu ini untuk pengguna iOS dan berikutnya baru meluncur untuk pengguna Android. 
Dengan adanya fitur ini akan memudahkan pengguna memainkan video Youtube di perangkat mobile. Sebab, saat ini 70 persen pengguna Youtube menyaksikan video lewat perangkat mobile, seperti smartphone, tablet, atau laptop.


Sebelumnya pada 2017, Youtube juga sempat menambahkan fitur gestur serupa bagi pengguna mobile. Pengguna bisa memajukan atau memundurkan video selama kelipatan 10 detik. Untuk memajukan video 10 detik, cukup ketuk ganda di bagian kanan video. Sementara untuk memundurkan video, ketuk ganda di bagian kiri video.

Youtube dalam dua tahun terakhir kerap melakukan penyesuaian aplikasi. Beberapa diantaranya memberi fitur mode gelap (dark mode), memainkan video secara otomatis di laman depan, dan mengendalikan waktu penggunaan, seperti dilaporkan TechCrunch

Sebelumnya fitur gestur untuk beralih ke video berikutnya ini sempat diuji ke pengguna Android awal tahun lalu. Namun, saat ini sepertinya Youtube memilih untuk meluncurkan fitur ini pertama kali di iOS, seperti ditulis Neowin. (eks)