Google Hapus Aplikasi yang Kumpulkan Informasi Data Pengguna

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 07:05 WIB
Google Hapus Aplikasi yang Kumpulkan Informasi Data Pengguna Ilustrasi. (REUTERS/Toby Melville)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski telah memasuki 2019, nampaknya masalah privasi data akan tetap menjadi isu utama. Melihat masalah privasi data tersebut, dilansir dari CNET, Google akan menghapus aplikasi yang mengumpulkan SMS dan informasi log panggilan pengguna dari PlayStore.

Aksi penghapusan tersebut dilakukan dalam beberapa pekan mendatang. Sebelumnya, Google sudah memberikan pengumuman pembatasan tersebut pada Oktober lalu.

Pengembang diberikan waktu 90 hari untuk meninjau permintaan izin mereka, karena perhatian seputar privasi pengguna meningkat dengan berbagai skandal kebocoran data yang mendominasi berita utama tahun lalu, termasuk kisah Facebook dan Cambridge Analytica.


Sementara itu, Facebook juga mengeluarkan peringatan kepada pengembang yang menggunakan alat tanpa kata sandi untuk aplikasi Android mereka agar membuat perubahan sehingga mereka patuh dengan kebijakan baru Google minggu lalu.

Pengembang dapat memilih untuk menyerahkan formulir deklarasi izin untuk memungkinkan peninjauan lebih lanjut oleh Google, tetapi pembuat Android telah ketat dalam kepatuhannya, setelah menolak beberapa permintaan oleh pengembang, menurut Android Police.

Google merujuk CNET kembali ke posting blognya ketika dihubungi untuk memberikan komentar (age/age)