Volkswagen Bentuk Aliansi dengan Ford

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 17/01/2019 16:56 WIB
Volkswagen Bentuk Aliansi dengan Ford Volkswagen. (Foto: REUTERS/Suzanne Plunkett)
Jakarta, CNN Indonesia -- Volkswagen dan Ford mengumumkan pada Selasa (16/1) bahwa keduanya beraliansi untuk bergabung mengembangkan kendaraan komersial berupa van dan pikap mulai 2022. Kerja sama ini ditujukan untuk mengurangi biaya buat menghadapi kompetisi pasar yang semakin kuat.

Diberitakan AFP, perusahaan asal Jerman dan Amerika Serikat itu telah membicarakan peluang aliansi selama lebih dari enam bulan. Pembicaraan meliputi kolaborasi tentang teknologi otonom dan listrik buat kendaraan masa depan.

Meski begitu, kedua perusahaan baru bisa mencapai mufakat buat area kendaraan komersial. Dalam pernyataan resmi dijelaskan perjanjian keduanya tidak meliputi silang kepemilikan.


"Ini akan menjadi landasan buat kemajuan kami untuk meningkatkan kompetitif," kata CEO Volkswagen Herbert Diess.

Aliansi ini bakal digerakan oleh komite gabungan yang dipimpin masing-masing CEO. Ford bakal membangun model komersial, yaitu pikap medium dan van berukuran besar, sedangkan Volkswagen punya tugas membangun van jenis mobil penumpang.

Pikap medium didesain untuk Amerika Selatan, Afrika, Eropa, sedangkan van komersial dan van mobil penumpang ditujukan untuk konsumen Eropa.

Masing-masing CEO mengatakan kedua perusahaan akan terus melanjutkan pembahasan pengembangan kolaborasi yang meliputi teknologi baru dan model baru. Salah satu yang dikabarkan sedang dikerja yaitu potensi kolaborasi teknologi listrik di pasar China.

"Bagaimana, kapan dan di mana itu bisa terjadi, inilah yang kita saat ini sedang negosiasikan dengan kolega kami di Ford," ucap Diess. (fea)