Merek Mobil Malaysia Terlibat 'Recall' Takata

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 11:15 WIB
Merek Mobil Malaysia Terlibat 'Recall' Takata Logo Proton, merek mobil asal Malaysia. (Foto: AFP FILES / TEH ENG KOON)
Jakarta, CNN Indonesia -- Masalah recall komponen kantong udara (airbag) merek Takata yang mendunia kini menjalar hingga ke produsen asal Malaysia, Proton. Sedan Perdana dinyatakan statusnya recall oleh Proton karena dianggap airbag Takata yang dipasang berpotensi terdapat kecacatan.

Kampanye perbaikan komponen ini melibatkan 6.432 unit Perdana yang diproduksi dari 2012 sampai akhir Agustus 2018. Pelanggan yang terkena dampak dikatakan akan diberitahu tentang hal itu.

Pada rilis resmi Proton dijelaskan penarikan itu tindakan pencegahan karena generasi kedua Perdana menggunakan basis Honda Accord. Sedan Honda itu juga terlibat recall global Takata.


"Keamanan konsumen kami adalah yang paling penting bagi Proton. Semua pemilik Proton Perdana akan diberitahu tentang masalah ini dan disarankan untuk menghubungi pusat pelayanan kami yang ditunjuk untuk memesan janji untuk penggantian airbag di mobil mereka," kata Datuk Radzaif Mohamed, Wakil CEO Proton, diberitakan Paultan.org, Kamis (17/1).

Perusahaan mencatat, tidak ada model Proton lain yang terpengaruh karena menggunakan penyuplai komponen airbag yang berbeda.

"Mobil yang diproduksi setelah 31 Agutus 2018, tidak terpengaruh oleh perbaikan layanan, sementara penggantian inflator akan memakan waktu sekitar satu jam dan dilakukan secara gratis," tambah Datuk Radzaif.

Masalah airbag Takata ini sebenarnya sudah pernah memakan korban meninggal sebanyak 16 orang dan 200 orang luka-luka di seluruh dunia. Takata merupakan penyuplai utama airbag buat banyak pabrikan, recall global telah meliputi jutaan mobil merek Toyota, Honda, dan Mazda. (ham/fea)