Google Maps Luncurkan Fitur Cek Kecepatan Kendaraan

CNN Indonesia | Selasa, 22/01/2019 06:34 WIB
Google Maps Luncurkan Fitur Cek Kecepatan Kendaraan Ilustrasi (Pexels/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google meluncurkan fitur baru di Google Maps yang bakal memberitahu pengguna kecepatan kendaraan mereka. Fitur ini berguna bagi mereka yang berada di daerah yang memberlakukan batas kecepatan di jalanan tertentu. Sehingga mereka tidak akan terjebak tilang gara-gara melanggar batas kecepatan yang ditetapkan.

Sebelumnya, fitur ini telah diuji di San Francisco dan Rio de Janeiro, Brazil sejak Juli 2017. Fitur ini telah tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat, Inggris, dan Denmark.

Fitur ini bakal memberitahu pengguna kecepatan maksimal yang bisa digeber pengguna di jalanan tertentu. Batas kecepatan ini akan muncul di bagian bawah kiri aplikasi. Google Maps juga akan menampilkan lokasi kamera pemantau kecepatan kendaraan lewat ikon kamera kecil. Maps juga akan memainkan bunyi untuk memberitahu pengemudi ketika mereka mendekati kamera pengawas kecepatan kendaraan.


Sejak akhir tahun lalu, Google telah melibatkan pengguna untuk melaporkan letak kamera perangkap kecepatan. Pengguna bisa melaporkannya lewat tombol laporan bertanda "+" di kiri bawah layar utama aplikasi. Sekarang data tersebut telah tersedia bagi pengguna di sejumlah negara, seperti AS, Inggris, Australia, Brazil, Kanada, India, Indonesia, Meksiko, dan Rusia.

Google membuat pembaruan fitur ini dari sisi server, sehingga pengguna tak perlu memperbarui aplikasi untuk melihat lokasi kamera kecepatan dan memunculkan fitur batas kecepatan, seperti dilaporkan Android Police.

Pengguna Google Maps telah meminta fitur ini sejak beberapa waktu lalu. Terutama ketika Waze telah memberikan fitur itu terlebih dulu. Bahkan sebelum Google mengakuisisi perusahaan itu sebesar US$1 miliar pada 2013.

Setelah Google mencoba membedakan dua layanan peta itu berbeda. Sebab Google Maps ditujukan bagi pengguna yang ingin menjelajah suatu area dengan berjalan kaki. Sementara Waze lebih ditujukan kepada para pengemudi. Tapi bukan berarti Google Maps tidak menambahkan fitur yang penting bagi para pengemudi.

Google Maps baru saja melakukan beberapa pembaruan baru-baru ini untuk mempermudah para pengguna melakukan perjalanan. Aplikasi itu kini juga memiliki pemberitahuan ketika ada tawaran danacara khusus didekat mereka. Pengguna juga bisa menambahkan tagar pada review yang mereka buat di aplikasi itu, seperti ditulis Digital Trends. (eks/eks)