Edukasi & Fitur

Manfaat Teknologi CFD pada Motor Balap Ducati

Tim, CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 19:13 WIB
Manfaat Teknologi CFD pada Motor Balap Ducati Pebalap Ducati Andrea Dovizioso menjalani latihan bebas pertama MotoGP Malaysia 2018 di Sirkuit Sepang, Jumat (2/11). (Foto: CNN Indonesia/Haryanto Tri Wibowo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aerodinamika telah menjadi isu yang tidak pernah terselesaikan dalam beberapa musim terakhir MotoGP. Sampai akhirnya muncul winglet yang usianya tak lama karena MotoGP musim 2018 melarang penggunaan komponen itu sebagai peningkat down force (daya tekan) motor yang memanfaatkan arah angin.

Inovasi pada sepeda motor balap MotoGP tidak akan pernah berhenti guna meningkatkan kemampuan setiap motor dan pebalap. Terbaru adalah penggunaan CFD (computational fluid dynamics).

Hadirnya CFD bentuk dari ketidakpuasan mekanik dan tim balap pada performa motor di lintasan balap yang selama ini cuma ditopang dalam tiga kelompok utama, yaitu bagian mesin, sasis dan elektronik. Dengan CFD, tim balap berharap bisa meningkatkan kemampuan motor berdasarkan hasil analisa komputer.


Ducati Corse salah satu tim balap MotoGP yang tertarik menggunakan teknologi CFD.

"Dari sisi aerodinamika, peraturan 2019 lebih ketat. Regulasi mencegah menggunakan tambahan komponen (winglet) pada fairing. Jadi tak mungkin komponen lain pada fairing," kata General Manager Ducati Corse, Gigi Dall'Igna diberitakan crash.net, Senin (21/1).



CFD merupakan perangkat lunak (software) yang mampu menganalisis aliran udara di sekitar motor. Untuk diketahui, teknologi CFD digunakan banyak bidang studi dan industri, termasuk aerodinamika dan analisis ruang angkasa, simulasi cuaca dan lainnya.

Manajer Pengembangan Arodinamika Ducati Corse Edoardo Lenoci menjelaskan bahwa pengembangan aerodinamika terbagi dalam dua kategori, yaitu pertama melalui pengetesan dan terowongan angin, dan kedua dengan simulasi komputer, yakni CFD.

"Kami mengenalkan penggunaan CFD secara masif, yang merupakan computational fluid dynamics (penghitungan aliran udara), yang berarti simulasi matematis tentang apa yang terjadi di sekitar motor," ucap Lenoci.

Lenoci menegaskan manfaat CFD pada motor MotoGP Ducati. Ini untuk mencari tahu kekurangan gerak motor di lintasan balap yang tak bisa terbaca terowongan angin.

"Dengan menggunakan CFD, ada beberapa keuntungan, misalnya saya bisa mengetahui apa yang terjadi pada motor melalui data berdasarkan simulasi," tutup Lenoci. (mik)


ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA