Supermoon Muncul Bersamaan dengan Konjungsi Venus Jupiter

Tim, CNN Indonesia | Senin, 21/01/2019 17:42 WIB
Supermoon Muncul Bersamaan dengan Konjungsi Venus Jupiter Ilustrasi supermoon. (Foto: REUTERS/Stringer)
Jakarta, CNN Indonesia -- Supermoon yang bisa dinikmati di Indonesia pada Senin (21/1) mulai sore hingga sepanjang malam akan diiring dengan fenomena langit lainnya yakni konjungsi planet Venus dan Jupiter. Konjungsi bisa dilihat oleh hampir seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Konjungsi planet merupakan fenomena ketika dua planet saling mendekati di orbitnya masing-masing. Konjungsi kali ini disebut Universe Today sebagai konjungsi terdekat dalam dekade ini. 

"Jarak sudut antara Jupiter dan Venus kurang dari 3 derajat. Namun, perlu dicatat bahwa jarak sebenarnya antara kedua planet masih ratusan juta kilometer. Hanya kelihatannya saja bersebelahan," terang Jasyanto Sahoer Kabag Humas Lembaga Astronomi dan Penerbangan Nasional (LAPAN) kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Senin (21/1).


Konjungsi kedua planet akan muncul sejak Selasa (22/1) dini hari hingga jelang matahari terbit. Dengan kata lain, di saat yang bersamaan masyarakat masih bisa menikmati cahaya supermoon.

Sama halnya dengan supermoon, Jasyanto mengatakan konjungsi Venus dan Jupiter juga bisa dinikmati dengan mata telanjang.

"Kalau mau amati bersamaan, silakan cari tempat yang pas. Besok pagi, Bulan di sisi barat sementara Jupiter dan Venus di sisi timur. Sama-sama kelihatan dengan jelas," lanjutnya.

Dari Indonesia bagian barat, Venus dan Jupiter ini akan terbit pada pukul 02:33 WIB (3 jam 18 menit sebelum terbitnya Matahari) dan mencapai ketinggian 41 derajat di atas cakrawala tenggara  sebelum cahayanya dialahkan oleh cahaya Matahari terbit. Untuk melakukan pengamatan, masyarakat tidak perlu alat khusus karena keduanya bisa dilihat dengan mata telanjang di sisi timur. 

Selain itu, LAPAN menjelaskan bahwa peristiwa konjungsi ini bisa diamati lagi pada 24 November setelah Matahari terbenam di barat. Fenomena ini cukup istimewa karena biasanya konjungsi Venus dan Jupiter hanya terjadi setahun sekali. (kst/evn)