Blue Origin akan Uji Roket Turis Antariksa Malam Ini

CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 11:21 WIB
Blue Origin akan Uji Roket Turis Antariksa Malam Ini Ilustrasi (REUTERS/Isaiah J. Downing)
Jakarta, CNN Indonesia -- Blue Origin akan melakukan uji peluncuran roket tak berawak New Shepard malam ini, Rabu (23/1) pukul 21.50 WIB atau pukul 8:50 (CST) waktu setempat. Perusahaan yang bertekad untuk menyediakan layanan wisata luar angkasa itu akan meroketkan pesawatnya dari landasan di Texas, Amerika Serikat.

Blue Origin adalah perusahaan roket yang diinisiasi bos Amazon, Jeff Bezos. Ini adalah percobaan peluncuran ke-10 dari pesawat tanpa awak perusahaan itu.Roket ini akan membawa sejumlah eksperimen ilmiah untuk NASA. Tahun lalu, roket kecil ini telah melewati perbatasan luar angkasa, seperti dilaporkan AFP.

Berdasarkan kesepakatan internasional, batas luar angkasa ini adalah 100 kilometer dari permukaan Bumi yang dikenal sebagai garis Karman. Pada April 2018, New Sephard mencapai ketinggian 107 kilometer dari permukaan Bumi. New Sephard dirancang untuk membawa enam penumpang untuk perjalanan di ruang angkasa selama 11 menit.



Blue Origin tengah bersaing dengan Virgin Galactic yang dikepalai Richard Branson untuk menjadi perusahaan pertama yang membawa turis ke luar angkasa. Sebelumnya, Virgin Galactic berhasil meluncurkan pesawat dengan pilot selama 90 menit ke orbit Bumi.

Pada 13 Desember lalu, Virgin Galactic dengan pesawat SpaceShipTwo, VSS Unity berhasil mencapai ketinggian 82,7 kilometer. Bedanya, pesawat Virgin Galactic membawa penumpang. Ini adalah pencapaian tertinggi pesawat itu. Ketinggian itu telah mencapai batas ruang angkasa menurut standar militer udara AS. Militer udara AS menetapkan batas luar angkasa yang lebih rendah dari garis Karman, yaitu 80 kilometer saja.


Penerbangan suborbital singkat dengan awak dua orang pilot ini menjadi titik pencapaian perusahaan yang berambisi membawa turis ke luar angkasa dengan tiket Rp3,5 miliar (US$250 ribu; kurs 1 US$=Rp14.181,75) saja. Sementara Blue Origin belum mengumumkan harga tiket yang harus dibayar penumpang pesawat luar angkasa New Shepard.

Baik Blue Origin dan Virgin Galactic menyatakan kesiapan untuk menerbangkan turis-turis luar angkasa pertama mereka tahun ini. (AFP/eks)