Beda Wuling Almaz Versi Produksi dengan Konsep

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 16:16 WIB
Beda Wuling Almaz Versi Produksi dengan Konsep Wuling Almaz diluncurkan di Sentul, Bogor, Jawa Barat. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wuling Almaz disebut mirip dengan versi konsep "Wuling SUV" alias Baojun 530 versi setir kiri yang pernah ditampilkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018.

Walau begitu ada beberapa bagian yang beda untuk menyesuaikan kondisi pasar Indonesia.

Perbedaan paling utama yaitu Almaz punya setir kanan, jadi desain pedal, kemudi, tuas transmisi, dan posisi tombol-tombol menyesuaikan.
Product Planning SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) Danang Wiratmoko menjelaskan bahwa secara keseluruhan, selain setir kanan, perbedaan lain yaitu pada headunit dan pelek 17 inci.

"Rata-rata semua sama, hanya headunit dan pelek. Ground clearance juga sedikit berbeda karena yang di GIIAS pakai 19 inci sedangkan Almaz 17 inci dengan ground clearance 230 mm," kata Danang, di Sirkuit Sentul, Rabu (23/1).


Wuling SUV yang diperkenalkan di GIIAS 2018.Wuling SUV yang diperkenalkan di GIIAS 2018. (Foto: CNN Indonesia/Muhammad Ikhsan)
Wuling SUV menggunakan headunit horizontal di tengah dasbor berukuran 8 inci dan pelek 19 inci. Sedangkan pada Almaz memakai headunit vertikal berukuran 10,4 inci yang sudah digunakan di versi facelift Baojun 530 yang dijual di China.
Gara-gara headunit itu, bagian tengah desain dasbor Almaz berbeda dibanding Wuling SUV. Tidak ada panel AC pada Almaz sebab pengaturannya terintegrasi dengan headunit.

Selain bisa mengatur suhu pendingin ruangan, headunit itu memiliki fitur mirroring Wuling Link khusus gawai Android, penampang kamera 360 derajat, Tire Pressure Monitoring System (TPMS), serta pengaturan seting kendaraan seperti lampu-lampu dan fungsionalitas mobil lainnya.

"Pilihan pelek 17 inci karena mendukung kenyamanan dan menyesuaikan kondisi jalan-jalan di Indonesia," ucap Danang.
Berkat ukuran pelek 17 inci, Danang menjelaskan Wuling Almaz bisa menggunakan ban berukuran lebih tebal, yaitu 215/60, yang menunjang kenyamanan. Selain itu radius putar juga bisa menjadi lebih kecil, disebut 5,7 meter.
(fea/mik)


BACA JUGA