Spesifikasi Wuling Almaz: Gaya Eropa Kualitas China

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 23/01/2019 20:14 WIB
Spesifikasi Wuling Almaz: Gaya Eropa Kualitas China Lampu-lampu depan tersusun menjadi tiga bagian. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ditimang dari penampilan dan fitur-fitur yang ditawarkan mungkin Wuling Almaz lebih terasa seperti mobil Eropa ketimbang mobil China.

Penampilannya menyuguhkan nuansa modern namun begitu diamati dari dekat dan disentuh tangan maka Anda akan kembali diingatkan mobil ini bukan kelas Mercedes-Benz, BMW, atau bahkan Mazda.

Almaz punya dimensi panjang 4,6 meter (m), lebar 1,7 m, dan tinggi 1,8 m. Ukurannya seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail, dan DFSK Glory 580, namun di kabin cuma muat lima penumpang. Poin plusnya, mobil ini punya bagasi luas dan jok tengah bisa dilipat rata buat meningkatkan kapasitasnya.


Eksterior Almaz mirip model "Wuling SUV" yang pernah dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Agustus 2018. Bedanya hanya pada ukuran pelek yakni 17 inci (Wuling SUV 19 inci) dan ground clearance yang diset menjadi 230 mm.

Harga Wuling Almaz akan diumumkan dalam waktu dekat.Harga Wuling Almaz akan diumumkan dalam waktu dekat. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Lampu-lampu depan tersusun menjadi tiga bagian, paling atas yang menyipit adalah paket LED dengan fungsi lampu kecil+sein+DRL, di bawahnya merupakan lampu utama/depan projector LED, dan paling bawah adalah lampu kabut dengan bohlam konvensional.

Di belakang, Almaz menggunakan stop lamp LED terintegrasi spoiler atas dan lampu rem konvensional. Di bagian bawah terdapat reflektor yang membentang horizontal di bumper.

Dua lubang di kanan dan kiri bemper yang terlihat seperti corong knalpot itu palsu karena tidak benar-benar menyambung ke sistem knalpot.

Kabin bisa menampung lima penumpang.Kabin bisa menampung lima penumpang dewasa. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Di kabin, nuansanya hitam kecuali pada dasbor dan pegangan tangan di pintu yang disematkan area soft touch berwarna keputihan. Area dasbor terlihat sangat lain dibanding "Wuling SUV", sebab bagian tengah terdapat headunit berukuran 10,4 inci yang diambil dari versi facelift Baojun 530 di pasar China.

Headunit itu punya fitur mirroring bernama 'Wuling Link' yang cuma bisa terkoneksi pada gawai Android via kabel. Bukan cuma berfungsi sebagai sumber utama hiburan tetapi juga termasuk pengaturan berbagai seting kendaraan, AC, Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Almaz memiliki empat kamera buat menampilkan pemandangan 360 derajat, yakni di depan, di kedua spion, dan di belakang. Fungsi memantau kondisi sekitar itu juga didukung enam sensor parkir, dua di depan dan empat di belakang.

Di kemudi terdapat tombol-tombol pengaturan audio dan cruise control. Kemudi itu bisa diatur naik-turun, namun belum telescopic (pengaturan maju-mundur). Khusus pengemudi dilengkapi seting jok 6-way elektrik.

sunroof menjadi fitur andalan mobil-mobil China harga terjangkau.Sunroof menjadi fitur andalan mobil-mobil China harga terjangkau. (Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Ada empat airbag yang terdapat di hadapan pengemudi dan penumpang depan serta di sisi luar kedua jok depan. Buat semua penumpang dilengkapi sabuk pengaman 3 titik.

Fitur kemewahan kabin pada mobil ini yaitu panoramic roof dan sunroof yang bila digabungkan ukurannya sampai 1 meter, 9 pengeras suara merek Infinity by Harman, dan ruang kaki lega untuk penumpang tengah.

Almaz dibekali mesin bensin 4-silinder 1.500 cc dengan turbocharger bertenaga 140 tenaga kuda dan torsi 250 Nm.

Danang Wiratmoko, Product Planning SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) menjelaskan mesin itu memiliki kompresi 9,5:1 yang direkomendasikan minimal RON 92 sekelas Pertamax.

Meski begitu seperti sudah kita ketahui bersama, sejak 7 Oktober 2018 semua mobil yang diproduksi di Indonesia wajib menerapkan Euro 4 yang logikanya meneguk bahan bakar minimal RON 95 sekelas Pertamax Turbo.

Bagian dasbor Wuling Almaz menyimpan layar dengan ukuran yang tak biasa. Bagian dasbor Wuling Almaz menyimpan layar dengan ukuran yang tak biasa.(Foto: CNN Indonesia/Febri Ardani)
Mesin turbo Almaz dipasangkan dengan CVT (Continuously Variable Transmission) yang bila dioperasikan manual memiliki 8-percepatan. Sama seperti mesin, jenis transmisi itu yang pertama ditawarkan pada model Wuling di Indonesia.

CVT Almaz punya dua opsi mode berkendara, "ECO" yang dioperasikan lewat tekan tombol di sebelah tuas transmisi dan "Sport" yang bakal berfungsi saat tuas transmisi digeser ke posisi paling bawah.

Selain semua fitur yang disebutkan di atas Almaz masih punya banyak lagi. Daftarnya yaitu, cakram pada keempat roda, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Automatic Vehicle Holding, Hill Hold Control, Traction Control System, Stability Control, Isofix, Immobilizer, Anti-thef Alarm, Start-stop button, dan Keyless Entry. (fea/mik)


BACA JUGA