Jepang Mulai Uji Bus Bandara Berteknologi Otonom

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 21:13 WIB
Teknologi ini rencananya bakal digunakan saat Olimpiade 2020 digelar di Tokyo. Bus otonom diuji coba di Bandara Haneda, Tokyo, Jepang. (Foto: Toshifumi KITAMURA / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bus bandara pengantar penumpang berteknologi otonom telah diuji di Bandara Haneda di Tokyo, Jepang, pada pekan lalu. Ada enam perusahaan yang turut serta dalam pengujian 10 hari itu, termasuk maskapai lokal ANA.

Pada Kamis, (24/1), otoritas resmi memperlihatkan cara kerjanya. Bus otonom itu tetap memiliki sopir di bagian depan yang bertugas untuk keselamatan.

AFP menjelaskan, sopir itu menggunakan sarung tangan putih. Tangannya berada di atas kemudi untuk jaga-jaga bila bus memerlukan kontrol manual, namun bila tidak bus dibiarkan sendiri menjalani rute yang sudah ditentukan dari terminal ke pesawat.


"Harapan kami bisa menawarkan penggunaan bus otonom pada Olimpiade Tokyo 2020," ucap pemimpin proyek ANA Tadakatsu Yamaguchi.

Bus otonom itu maksimal mengangkut 10 penumpang dan bergerak maksimal 30 km per jam menggunakan GPS dan penunjuk jalan magnet di jalanan.

Tidak dijelaskan berapa biaya untuk sistem ini dan berapa banyak penumpang yang bisa diangkut saat bus otonom beroperasi normal.

Jepang berharap Olimpiade pada 2020 bisa menjadi kesempatan menunjukkan berbagai teknologi terkini yang dikembangkan, salah satunya transportasi otonom.

"Pengurangan pada populasi membuat kita berisiko tidak lagi bisa melakukan operasi logistik dan itulah mengapa kami sekarang mendorong untuk memperkenalkan teknologi mobilitas otonom jadi kami bisa menjadikan operasi bagus tanpa perlu banyak karyawan," ucap Yamaguchi. (fea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK