Grab Akan Sulap 1200 Warung Pintar Jadi Selter

CNN Indonesia | Kamis, 24/01/2019 20:07 WIB
Grab Akan Sulap 1200 Warung Pintar Jadi Selter Ilustrasi (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan transportasi online Grab bekerja sama dengan 1200 Warung Pintar untuk membangun selter bagi mitra pengemudi. Head Grab Ventures Chris Yeo mengatakan Grab akan membantu meningkatkan mitra warung agar bisa menyediakan tempat berteduh yang nyaman untuk mitra pengemudi.

"Selter akan didekasikan untuk pengemudi GrabBike. Jadi mereka bisa kurangi pengeluaran. Spare time (waktu luang) biasanya mereka main gim mobile. Nanti ada wifi gratis untuk semua driver, kata Yeo usai penandatanganan. 

Managing Director Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata mengatakan dalam kerjasama ini Grab akan memberikan heat map, yaitu peta yang akan menunjukkan wilayah-wilayah yang padat pengemudi. Data ini bisa membantu mitra Warung Pintar untuk menentukan lokasi strategis untuk warung mereka.


"Ke depannya Warung Pintar akan kami bantu dengan berikan data di mana densitasnya mitra besar, kemudian apa kebutuhan mereka seperti wifi, kata Ridkzi.

Ridzki mengatakan selter ini akan berbeda dengan selter Grab di Daan Mogot dan di Kebayoran Lama yang mampu menampung hingga 200 mitra pengemudi.

"Kalau selter di sana (Daan Mogot & Kebayoran Lama) itu kapasitasnya besar. Kalau di Warung Pintar, kita menyebarkan pit stop di banyak tempat dengan format yang lebih kecil-kecil," ujar Ridzki.

Ridzki mengatakan Grab dan Warung Pintar akan saling menguntungkan dalam kerja sama ini. Di satu sisi, warung bisa dijadikan alternatif selter bagi mitra pengemudi yang ingin beristirahat.

Dalam kesempatan yang sama, CEO Warung Pintar Agung Bezharie mengakui kerja sama ini akan menguntungkan bagi mitra warung. Pasalnya mitra warung akan bisa mendapatkan banyak transaksi dengan pendapatan dari mitra pengemudi yang singgah ke warung untuk beristirahat.

"Untung mitra warung pintar adalah dapat traffic lebih banyak. Kedua Grab juga butuh Distribusikan peralatan, mitra kami bisa jadi hub juga. Jadi menguntungkan dua belah pihak," kata Agung

Warung Pintar adalah perusahaan startup yang menambahkan sentuhan teknologi pada warung-warung mitranya. Dalam situsnya, Warung Pintar menawarkan mitra untuk membangun warung dengan desain menarik dilengkapi dengan wifi dan listrik untuk mengisi daya ponsel. 

Bagi penjual, dijanjikan laporan performa warung dan kemampuan menjual produk digital seperti menjual tiket bus dan cicilan kendaraan. Saat ini Warung Pintar mengklaim telah membukla 1.200 warung di Jabodetabek.

Warung Pintar berhasil memenangi GrabImpact Award. Kemenangan ini membuat Warung Pintar di jalur cepat Grab Ventures Velocity sehingga berhak mendapatkan layanan Grab senilai US$10 ribu (Rp141 juta) dalam satu tahun.

GrabImpact Award adalah salah satu program Grab untuk menjangkau inovator-inovator di Asia Tenggara untuk membantu pengembangan teknologi yang bisa memecahkan tantangan di era digital.

(jnp/eks)