Bedah Performa Kamera OPPO R17 Pro yang Disebut Jagoan Malam

CNN Indonesia, CNN Indonesia | Minggu, 27/01/2019 16:47 WIB
Bedah Performa Kamera OPPO R17 Pro yang Disebut Jagoan Malam Oppo R17 Pro. (Foto: CNN Indonesia/Jonathan Patrick)
Jakarta, CNN Indonesia -- OPPO R17 Pro yang belum sebulan diluncurkan disebut-sebut sebagai smartphone kelas high-end yang mumpuni untuk foto malam hari.

Marketing Director OPPO Indonesia Alinna Wenxin menyatakan keunggulan OPPO R17 Pro untuk fotografi malam ini didukung oleh tiga kamera utama. 

"Tiga kamera yang dilengkapi dengan mode ultra night memungkinkan pengguna menangkap objek gambar lebih terang, lebih detail, lebih stabil walau berada di situasi yang kurang cahaya," jelasnya beberapa waktu lalu.



PR Manager OPPO Indonesia Aryo Meidianto pun menjelaskan bagaimana kamera OPPO R17 Pro bisa menangkap cahaya di malam hari.

"Teman-teman bisa lihat bahwa perangkat R17 Pro ini bisa menghasilkan foto yang luar biasa terang, tajam, dan juga jernih. Mengapa bisa seperti ini? Tentunya ini berkat kehadiran yang namanya diafragma cerdas, yang mana dalam satu lensa memiliki dua diafragma dengan ukuran f/1.5 dan f/2.4," ujar Aryo.

Ia melanjutkan diafragma tersebut bekerja dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intellilgence (AI), yang bertugas untuk melihat kondisi cahaya dari foto atau objek.

"Ketika cahaya terlalu terang maka dia akan menggunakan diafragma f/2.4 untuk menghasilkan gambar yang lebih tajam. Ketika cahayanya terlalu redup atau kurang cahaya, maka dia akan menggunakan diafragma f/1.5 untuk menghasilkan gambar yang lebih terang," jelasnya.

"Ini adalah mekanisme dari smart lens yang kami sebut, atau diafragma cerdas," sambungnya.

Kemampuan fotografi malam dari OPPO R17 Pro juga dilengkapi dengan mode khusus untuk memotret di malam hari yang disebut Night Mode.


"Night Mode itu akan mengambil gambar dalam waktu tiga detik. Biasanya dalam waktu mengambil gambar tiga detik atau exposure-nya panjang, yang terjadi adalah tangan itu tidak stabil dalam memegang perangkat," katanya.

Untuk mengakali hal tersebut, OPPO telah melengkapi R17 Pro dengan yang fitur Image Stabilization. Selain optical Image Stabilization, sensornya pun lengkapi dengan dual piksel untuk sistem autofocus yang lebih cepat.

Menurut Aryo, fitur-fitur cerdas lainnya seperti AI Ultra Clear Engine dan Color Engine juga turut menyempurnakan kemampuan pengambilan foto malam yang dilakukan OPPO R17 Pro.

"Jadi R17 Pro akan mengidentifikasi seperti apa lingkungan dari objek foto tersebut," pungkasnya. (prf/vws)