Uji Produk

Menjajal Bass Earphone Bluetooth Jabra Elite 45e

Agnes Savithri, CNN Indonesia | Selasa, 29/01/2019 18:08 WIB
Jabra Elite 45e. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kualitas audio yang baik menjadi komponen terpenting ketika seseorang mendengarkan musik. Berbagai jenis headphone dan earphone tersedia di pasaran dan berlomba menawarkan kualitas terbaiknya.

Saat ini, headphone atau earphone dengan konsep wireless menggunakan bluetooth sedang 'booming'. Berbagai vendor mulai menyediakan perangkat dengar ini versi wireless.

Alasan sederhananya, headphone atau earphone wireless lebih praktis karena hadir tanpa kabel. Namun, asumsi ini sering dipatahkan oleh penyuka musik orisinil.


Pasalnya, secara teori, kualitas musik yang disajikan oleh headphone atau earphone wireless tak akan sebaik kabel. CNNIndonesia.com memiliki kesempatan untuk mencoba salah satu earphone wireless keluaran Jabra dengan tipe Elite 45e.
Penampakan Jabra Elite 45e. (CNN Indonesia/Safir Makki)

Audio

Dari segi suara, earphone ini menyuguhkan suara yang ringan dan cerah. Suara bass terasa konsisten dan cukup kuat. Sayangnya, bass yang cukup kuat ini jika didengarkan dengan seksama membuat instrumen dari lagu hilang.

Selain itu, treble dari lagu pun terdengar kurang. Earphone ini cocok untuk digunakan dalam ruangan yang tak banyak noise. Namun, jika digunakan untuk berjalan dalam keramaian kurang cocok karena noise dari luar tidak benar-benar terisolasi.

Aplikasi Tambahan

Terkait kekurangan dari suara, sebenarnya bisa diakali jika pengguna mengunduh aplikasi Sound+. Aplikasi ini dapat disinkronisasikan dengan earphone.

Suara yang ditampilkan pun bisa diatur seperti smooth atau bass boost. Bahkan treble boost dan energize pun bisa dipilih. Walaupun tak semaksimal dari audio bawaan, tapi sedikit 'mengobati' kekurangan.
Selain pilihan pengaturan audio, aplikasi ini pun memiliki pilihan suara alam bagi penggunanya yang ingin berkonsentrasi dan menutupi suara di sekitarnya. Berbagai pilihan suara dari mulai suara ombak, pink noise, kicau burung hingga diving.

Namun, kembali lagi. Jika pengguna menggunakan fitur soundscape ini tidak akan benar-benar menutup noise di sekitar jika berada di luar ruangan atau dalam ruangan yang ramai. (age/age)
1 dari 2


BACA JUGA