Kibor Macbook Diperkirakan Bakal Terbuat dari Panel Kaca

CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 12:41 WIB
Kibor Macbook Diperkirakan Bakal Terbuat dari Panel Kaca Ilustrasi (Stephen Lam/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple kabarnya akan mengembangkan kibor berbahan kaca untuk Macbook generasi mendatang. Hal ini terungkap berdasarkan paten yang yang baru saja didaftarkan. Dari gambar paten itu, sepertinya Apple tidak akan membuat kibor kaca datar diatas pelat touchscreen semata.

Tapi, perusahan itu sengaja meninggikan kaca dibagian tombol-tombol biasa tersemat. Tombol-tombol pada kibor kaca ini dirancang agar tetap tenggelam seperti "rasa" kibor pada umumnya saat ditekan.

Dengan cara ini, kibor kaca ini memiliki dua keuntungan. Pertama menghalau debu yang sering terjebak di sela-sela tombol kibor. Kedua, kibor-kibor ini masih tetap memiliki "rasa" dan kenyamanan kibor yang terasa ketika ditekan. Salah satu keluhan pengguna pada kibor touchscreen adalah karena kurangnya "rasa" kibor pada touchscreen.


Pada lembaran paten yang diungkap Apple Insider, menunjukkan kibor yang terdiri dari lembar kaca yang terangkat dibagian tertentu tempat tombol kibor berada dan tidak dapat digeser. Tombol ini terangkat dengan teknik gelas yang bisa dilengkungkan. Di bagian bawah gelas lengkung ini, tertanam mesin haptic untuk memberikan sensasi tekanan tombol kibor. 

Alternatif lain, kibor ini menggunakan gelas yang lebih tipis dan semi fleksibel yang akan tertekan kebawah ketika disentuh untuk memberikan pengalaman mengetik pada umumnya.

Selain itu diperkirakan kibor yang ada dibawah kaca ini akan berbasis digital atau software. Sehingga pengguna bisa mengganti tampilan kibor mereka sesuka hati. Model kibor ini juga memungkinkan Apple untuk membuat laptop yang lebih tipis lagi. Selain itu, wilayah sisa dari kibor ini juga bisa digunakan sebagai touchpad yang sangat lebar.

Belakangan pengguna Apple mengeluhkan soal kibor Apple yang bermasalah ketika terselip oleh debu. Apple lantas berusaha mengurangi masalah ini dengan memperkenalkan desain kupu-kupu pada tombol-tombol kibornya.

Selain mengatasi masalah debu, model kibor ini juga membuat kibor jadi lebih tipis dan memberi ruang lebih banyak untuk memuat baterai laptop dengan kapasitas lebih besar, seperti ditulis Tech Radar.

Meski paten ini telah didaftarkan, namun tidak menjadi jaminan konsep ini akan muncul di produk Apple berikutnya. Tapi, setidaknya menjadi petunjuk kalau Apple memang tertarik untuk mengembangkan ide ini. (eks/eks)