Apple Perbaiki Celah Keamanan Fitur Group FaceTime

CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 10:12 WIB
Apple Perbaiki Celah Keamanan Fitur Group FaceTime Ilustrasi. (Foto: REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple memastikan sudah memperbaiki temuan celah keamanan pada fitur group FaceTime dari sisi server.

Mereka memastikan akan mulai menggulirkan pembaruan software mulai minggu depan untuk mengaktifkan kembali fitur Group FaceTime. Padahal sebelumnya Apple berencana menggulirkan pembaruan tersebut pekan ini.

Pembaruan ini memungkinkan pengguna iPhone, iPad, dan Mac menonaktifkan fitur Group FaceTime yang selama ini disebut penelepon bisa menguping orang yang ditelepon bahkan sebelum telepon dijawab.


"Kami meminta maaf sebesar-besarnya kepada konsumen yang terdampak dan semuanya yang peduli terhadap masalah keamanan ini," tulis Apple dalam pernyataannya seperti dilaporkan CNN.

Isu ini menarik perhatian banyak pihak lantaran Apple kerap mengklaim pihaknya menunjung tinggi isu keamanan. Tak pelak isu ini memaksa Apple menonaktifkan sementara fitur Group FaceTime.

Juru bicara Apple memastikan tim insinyur bekerja cepat memperbaiki temuan celah yang dimaksud.

Celah keamanan FaceTime ditemukan pada iPhone dan iPad dengan iOS 12.1 serta macOS Mojave pertama kali diungkap oleh Grant Thompson. Remaja berusia 14 tahun ini menemukan hal yang mencurigakan saat hendak melakukan FaceTime dengan teman-temannya.

Merespons hal itu, sang ibu Michele melaporkan temuan anaknya kepada Apple lewat surel dan telepon. Meski tak langsung mendapat respons dari Apple, masalah ini kemudian diunggah oleh 9to5Mac hingga membuat perusahaan akhirnya menonaktifkan fitur Group FaceTime.

Bug ini diperkirakan memengaruhi perangkat yang menggunakan iOS 12.1 atau sebelumnya. Para pengguna iPhone dihimbau untuk menonaktifkan aplikasi FaceTime demi melindungi privasi mereka sebelum Apple merilis pembaruan perangkat lunak. (CNN/evn)