Waspada Tipuan Bagi-bagi Tiket Gratis Disneyland di WhatsApp

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 07:50 WIB
Waspada Tipuan Bagi-bagi Tiket Gratis Disneyland di WhatsApp Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/Grinvalds)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kemunculan pesan berantai berupa pembagian tiket gratis mulai dari voucher makan restoran cepat saji hingga liburan ke Disneyland belakangan marak ditemui di pesan singkat (SMS), surel, hingga Facebook dan WhatsApp.

Tak jarang, pesan yang beredar juga disertakan tautan yang mengharuskan Anda untuk membukanya jika ingin mendapatkan hadiah tersebut.

Saat dibuka, tautan itu berisi komentar pengguna yang terkesan meyakinkan jika mereka memang benar mendapatkan hadiah yang dimaksud.


Demi mendapatkan tiket yang dimaksud, Anda akan diminta untuk mengklik tombol 'Dapatkan Tiket'. Seterusnya, Anda akan diarahkan ke situs lain yang berujung menawarkan barang atau jasa tidak jelas.

Untuk menghindari penipuan bagi-bagi tiket gratis, cek tiga langkah berikut:

- Meski tak mengambil uang, data, atau hal lainnya pastikan Anda tidak membuka tautan yang dimaksud.
- Jangan membagikan pesan serupa ke teman atau mengunggahnya melalui Facebook.
- Jika mendapat pesan berantai di grup atau personal dengan tautan di dalamnya, beri tahu pengirim jika informasi yang dimaksud adalah penipuan agar tidak meyebar lebih luas.

Skema penipuan bagi-bagi tiket gratis dan halaman palsu kerap didistribusikan melalui WhatsApp atau Facebook agar penggunanya mengklik tautan yang disertakan.

Selain bisa diarahkan ke situs yang tidak jelas, bisa saja Anda akan berujung terdaftar lada layanan perbayar tertentu atau justru kehilangan data sensitif.

(lea/evn)