Petir Pun Bisa Menyambar ke Dalam Rumah

CNN Indonesia | Selasa, 05/02/2019 14:47 WIB
Petir Pun Bisa Menyambar ke Dalam Rumah Ilustrasi (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Berada di dalam rumah ketika hujan petir berlangsung ternyata tidak sepenuhnya aman. Petir mungkin tidak akan langsung menyambar ketika kita berada di dalam rumah. Tapi, listrik dari petir yang menyambar bisa dihantarkan oleh konduktor-konduktor listrik yang ada di rumah.

Rumah akan menjadi tempat yang aman selama hujan petir jika Anda menghindari perangkat yang menghantarkan listrik. Akan tetapi, berada di rumah bukan berarti sepenuhnya aman. Dalam ruangan pun, kita dikelilingi oleh alat elektronik yang membutuhkan listrik untuk bekerja. Komputer, televisi, telepon kabel, bahkan pengisi daya ponsel yang kita gunakan, bisa menjadi penghantar sengatan petir. Sebab, listrik bisa penghantar lewat tiang listrik dan serta pipa besi.

Sehingga, baiknya jauhi telepon kabel, tv kabel, komputer, dan segala perangkat listrik yang terhubung dengan kabel baiknya di lepaskan dari setop kontak. Namun, perangkat telepon genggam yang tidak langsung terhubung dengan listrik di rumah, masih aman untuk digunakan.


Begitu juga hindari area keran yang terbuat dari besi, pintu yang terbuat dari metal, dan jendela, ketika terjadi hujan disertai petir. Jika air di rumah Anda menggunakan pipa besi, maka pipa besi ini bisa menjadi penghantar listrik juga. Tapi, saat ini sebagian besar air yang dialirkan ke rumah-rumah sudah menggunakan pipa plastik PVC, sehingga lebih aman untuk melakukan kegiatan terkait dengan air di dalam rumah.

Pada beberapa rumah, petir bisa masuk lewat jendela. Namun peristiwa ini sangat jarang terjadi. Selain itu, berdiri dekat jendela saat hujan badai akan berbahaya jika tiba-tiba jendela pecah akibat terbentur objek yang tertiup angin, seperti dilansir dari pusat layanan cuaca nasional Amerika Serikat

Dikutip dari Forbes, WHEC melaporkan Nick Gemayel, sempat tersambar petir di kantornya saat terjadi hujan badai pada 5 Juni 2017 lalu. Sambaran itu merusak kabel di kantornya, telepon kabel, dan menghanguskan komputer. Tangan kiri Nick ikut tersambar dan membuat ia divonis terkena rhabdomyolysis. Petir itu telah melukai otot tangan kirinya dan mengeluarkan protein berbahaya ke dalam darah. Protein ini bisa berakibat mematikan bila tidak ditangani sesegera mungkin.

Rumah tetap menjadi pilihan paling aman untuk berlindung saat hujan petir terjadi. Sebab, kasus orang tersambar petir ketika berada di dalam rumah lebih jarang terjadi ketimbang ketika orang berada di luar rumah. Untuk itu, ada baiknya menggunakan penangkal petir di rumah. Penangkal petir akan menghantarkan sambaran petir ke tanah untuk menetralisir listrik tersebut. (lea/eks)