Seperti WhatsApp, Messenger Bisa Hapus Pesan 'Salah Kamar'

CNN Indonesia | Rabu, 06/02/2019 11:19 WIB
Seperti WhatsApp, Messenger Bisa Hapus Pesan 'Salah Kamar' Foto: Dok. Facebook
Jakarta, CNN Indonesia -- Facebook hari ini meluncurkan fitrur untuk menghapus pesan pada layanan Messenger. Fitur ini membuat pengguna Messenger bisa menghapus pesan yang dikirim dengan durasi maksimal 10 menit sejak pesan dikirim.

Saat CNNIndonesia.com menjajal fitur ini, pesan bisa dihapus dengan cara menekan beberapa saat pesan yang hendak dihapus. Kemudian setelah itu akan muncul dua pilihan, yaitu Remove for Everyone atau Remove for You.

Jika Anda memilih opsi 'Remove for Everyone', maka pesan tidak lagi bisa dilihat oleh pengirim dan penerima. Facebook Messenger akan mengganti pesan yang dihapus tersebut dengan pemberitahuan yang mengatakan bahwa pesan tersebut dihapus oleh Anda.


Apabila Anda memilih 'Remove for Everyone', maka pesan tersebut tidak akan bisa dilihat lagi oleh Anda. Akan tetapi pihak lain masih bisa melihat pesan tersebut.

Fitur ini bisa dinikmati bagi pengguna Facebook Messenger versi 200.0 di Play Store dan AppStore. Sementara fitur serupa belum bisa digunakan lewat desktop.

Seperti WhatsApp, Messenger Bisa 'Hapus Pesan Salah Kamar'Foto: Screenshot via Aplikasi Messenger

Kemunculan fitur ini sebenarnya sempat dibocorkan oleh CEO Mark Zuckerberg pada April lalu. Saat itu, Facebook mengakui jika diam-diam menghapus pesan lama yang dikirimkan oleh Zuck.

Pengakuan ini sangat ganjil, pasalnya seluruh pengguna Facebook Messenger belum bisa menggunakan fitur hapus pesan.

Pasalnya selama ini, meski pesan sudah dihapus di kotak masuk pengirim, pesan tersebut tetap ada di kotak masuk penerima. Akhirnya Facebook memutuskan untuk meluncurkan fitur penghapusan pesan tersebut agar bisa digunakan oleh seluruh pengguna Messenger.

(jnp/evn)