Apple Buat Paten Pemindai Sidik Jari di Seluruh Layar Ponsel

CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 14:00 WIB
Apple Buat Paten Pemindai Sidik Jari di Seluruh Layar Ponsel Ilustrasi (REUTERS/Edgar Su)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple dikabarkan mematenkan teknologi yang bisa digunakan untuk memindai sidik jari di seluruh layar ponsel. Pemindaian dilakukan dengan sinyal akustik untuk mendeteksi sidik jari yang ditempel di layar ponsel.

Apple baru saja mematenkan "pengkodean untuk pulsa akustik pada perangkat input yang digunakan untuk penggambaran". Paten ini menunjukkan bagaimana suara bisa diaplikasikan di layar ponsel untuk menggambarkan objek yang menempel di permukaannya.

Sehingga, pemindaian sidik jari bisa dilakukan di seluruh permukaan ponsel. Tidak hanya di tempat spesifik di layar ponsel seperti yang saat ini dilakukan dengan teknologi pemindai sidik jari Under Display.


Teknologi ini juga mengurangi penggunaan sensor fisik, karena sidik jari bisa langsung ditempelkan di layar ponsel, seperti disebutkan Pocket Lint.

Menurut paten itu, sejumlah transduser akustik diletakkan berdekatan dengan permukaan. Perangkat ini bisa mentransmisikan sinyal audio berdetak. Pola sinyal yang terbentuk ketika mendeteksi sentuhan di layar lantas diterjemahkan oleh perangkat lain yang akam menghasilkan gambar sesuai dengan input yang ditempel di layar.

Cara ini membuat pengenalan sidik jari jadi lebih sederhana. Perangkat yang dibutuhkan untuk sensor pengenal sidik jari pun lebih tipis. Komponen ini juga mengurangi jumlah elektroda yang ditaruh di layar, sehingga mengurangi kerumitan produksi layar ponsel.

Komponen itu juga bisa ditempatkan di pinggir layar ponsel, jauh dari komponen lain. Selain itu, pemrosesan ini juga membutuhkan kemampuan pemrosesan yang tak terlalu besar.

Apple mematenkan berbagai hal tiap minggunya berdasarkan kebutuhan perusahaan. Tapi, tidak berarti seluruh paten yang mereka buat akan muncul pada produk mereka berikutnya.

Sebelumnya, pada Februari 2017 Apple juga sempat mematenkan teknologi "Arsitektur sistem penggambaran akustik". Paten ini menawarkan metode pengenalan serupa menggunakan detakan dan gelombang akustik.

Pada Agustus 2017, Apple juga mendapat paten untuk pengenalan sidik jari dibawah layar yang juga menggunakan teknologi pencitraan akustik, seperti dilaporkan Apple Insider. (eks/eks)