Flickr akan Hapus Foto Pengguna Mulai 12 Maret

CNN Indonesia | Jumat, 08/02/2019 00:13 WIB
Flickr akan Hapus Foto Pengguna Mulai 12 Maret Ilustrasi. (REUTERS/Lucas Jackson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Flickr secara perlahan akan mulai menghapus foto dari akun pengguna gratis jika melebihi batas yang mereka berikan. Aturan ini akan Flickr diberlakukan pada 12 Maret mendatang.

Dilansir dari Digital Trends, aturan ini berawal dari keluhan pengguna yang tidak bisa mengunduh media mereka dengan cepat. Maka, Flickr mengubah aturan bagi pengguna gratis.

Sebelumnya, pengguna gratis dapat menggunakan penyimpanan foto hingga 1TB. Namun, sekarang pengguna gratis dibatasi oleh 1.000 foto. Sehingga pengguna Flickr yang memiliki lebih dari 1.000 foto memiliki opsi untuk menghindari kehilangan gambar sebelum 12 Maret 2019 mendatang.
Opsi utama jika pengguna tidak ingin kehilangan foto dan tetap memiliki banyak ruang penyimpanan gratis adalah membayar keanggotaan senilai US$50 setahun jika dibayar langsung atau US$72 setahun jika dicicil selama dua belas bulan.


Namun, jika pengguna rasanya sudah harus 'putus' dengan Flickr. Ada beberapa opsi platform yang dapat dicoba yakni Google Photos dan Amazon Photos.

Jauh sebelum ada Instagram, Flickr sudah hadir sebagai platform berbagi foto. Namun, platform ini memang tampak 'lebih serius' jika dibandingkan dengan Instagram.

Platform ini menjadi wadah para fotografer 'memamerkan' hasil jepretannya dalam dunia digital. Ketika masih naik daun, popularitas Flickr membuat Yahoo tertarik dan mengakuisisi Flickr hingga US$40 juta.

Sayangnya, saat ini Yahoo sudah melepaskan Flickr kepada SmugMug dengan nilai yang tidak dipublikasikan. (age/age)


ARTIKEL TERKAIT