Apple Geser Microsoft Jadi Perusahaan Paling Bernilai

Reuters, CNN Indonesia | Kamis, 07/02/2019 18:13 WIB
Apple Geser Microsoft Jadi Perusahaan Paling Bernilai Ilustrasi. (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah sempat digeser oleh MicrosoftApple kembali 'mengambil tahtanya' sebagai perusahaan publik paling berharga di Amerika Serikat. Apple kembali mendapatkan posisi tersebut setelah mengakhiri sesi perdagangan pada Rabu (6/2).

Dilansir dari Reuters, sesi perdagangan tersebut mengkerek kapitalisasi pasar Apple dan naik tipis melewati Microsoft dan Amazon. Apple mengalami kenaikan sebesar 0,03 persen dan membuat kapitalisasi pasarnya mencapai US$821,5 miliar.

Sedangkan kapitalisasi pasar Microsoft berakhir pada US$813,4 miliar setelah sahamnya merosot 1,11 persen. Amazon menutup perdagangan kemarin dengan penurunan saham sebesar 1,12 persen dan membuat kapitalisasi pasar menjadi US$805,7 miliar.
Saham Apple melonjak sekitar 13 persen setelah laporan pendapatan kuartal yang keluar pada 29 Januari lalu. Saat itu, para investor 'bertaruh' bahwa Apple akan mengalami oversold setelah berbulan-bulan mengkhawatirkan perlambatan permintaan iPhone.


Namun, penjualan iPhone yang melambat telah menyebabkan ekspektasi yang lebih rendah untuk stok Apple. Target analis mengenai harga rata-rata Apple telah turun dari US$240 pada tiga bulan lalu menjadi US$175. Kurang dari satu dolar lebih dari harga saham saat ini US$174,24.

Setelah menyentuh rekor US$1,1 triliun pada Oktober lalu, kapitalisasi pasar Apple turun secara bertahap, dan dikalahkan oleh Amazon dan Microsoft pada Desember. Kedua perusahaan tersebut bergiliran di posisi teratas sejak saat itu.
Nilai pasar saham Apple mencapai titik terendah US$675 miliar pada 3 Januari setelah peringatan pendapatannya. Namun, hal tersebut tak berlangsung lama dan perlahan terus pulih.

Sebagian dibantu oleh laporan triwulanan yang lebih baik daripada yang ditakutkan oleh investor. Sementara Apple telah menguat dalam sesi terakhir, saham Microsoft dan Amazon turun setelah laporan triwulanan mereka. Amazon telah turun hampir 5 persen sejak Kamis lalu.

Saham Microsoft hampir datar dari Rabu lalu, ketika pembuat perangkat lunak tersebut memenuhi target untuk hasil dan perkiraan kuartalannya. (age/age)