New Horizon Temukan Bentuk Ultima Thule Serupa Pancake

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 11/02/2019 07:51 WIB
New Horizon Temukan Bentuk Ultima Thule Serupa Pancake New Horizons yang menjelajah Ultima Thule. (NASA/JHUAPL. REUTERS/NASA/Johns Hopkins University Applied Physics Laboratory/Southwest Research Institute/Handout)
Jakarta, CNN Indonesia -- Area luar angkasa terjauh yang pernah dijangkau dari Bumi, Ultima Thule dikabarkan memiliki tangkapan bentuk baru.

Dilansir dari Gizmodo, berbagai tafsiran muncul terhadap objek terjauh yang pernah dikunjungi pesawat ruang angkasa Bumi. Tafsiran tersebut berasal dari tangkapan gambar New Horizons.

Terletak di Sabuk Kuiper, hingga saat ini sangat sedikit informasi yang tersedia mengenai Ultima Thule. Gambar terbaru dari New Horizons menunjukkan bentuk Ultima Thule menyerupai pancake.
Namun, ilmuwan pun tidak mengetahui apakah objek tersebut merupakan satu kesatuan atau dua objek yang berbeda. Para ilmuwan menemukan strukturnya yang seperti manusia salju setelah New Horizons mulai mengirim gambar kepada Bumi.


Pada Jumat lalu, NASA merilis video yang dikompilasi menggunakan lebih dari selusin gambar yang menunjukkan Ultima Thule sebenarnya. Ternyata Ultima Thule jauh lebih datar daripada yang diperkirakan sebelumnya.

Gambar-gambar itu ditangkap 1 Januari, lebih dari 5.000 mil di luar MU69 setelah New Horizons memperbesarnya. Menurut NASA, para ilmuwan dapat menyimpulkan bentuknya dengan melacak bagian dari gambar-gambar ini yang menghalangi bintang-bintang di latar belakang pada sisi yang tidak jelas digariskan oleh Matahari.

Satu lobus terlihat seperti "kenari," berbentuk aneh," kata agensi, sementara sisi lain lebih mirip pancake.
"Kami memiliki kesan MU69 berdasarkan pada jumlah gambar yang terbatas pada hari-hari di sekitar flyby, tetapi melihat lebih banyak data telah secara signifikan mengubah pandangan kami," kata Kepala Investigator Misi Alan Stern, dari Southwest Research Institute, dalam sebuah pernyataan.

"Akan lebih dekat dengan kenyataan untuk mengatakan bentuk MU69 lebih datar, seperti pancake," tambah Stern.

"Tapi yang lebih penting, gambar-gambar baru ini menciptakan teka-teki ilmiah tentang bagaimana objek seperti itu bisa terbentuk. Kami belum pernah melihat sesuatu seperti ini yang mengorbit Matahari. " (age/age)