'All New Livina' akan Datang, Harga Xpander Mulai Dipangkas

tim, CNN Indonesia | Rabu, 13/02/2019 16:11 WIB
'All New Livina' akan Datang, Harga Xpander Mulai Dipangkas Mitsubishi Xpander tipe Ultimate. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mulai menawarkan promo diskon untuk low MPV Xpander menjelang waktu peluncuran all new Nissan Livina.

Calon konsumen yang beruntung bisa meraih diskon spesial dari tenaga penjual. Hasil penelurusan CNNIndonesia.com, diskon harga mulai Rp5 juta sampai Rp8 juta. Potongan harga bisa lebih besar tergantung hasil akhir negosiasi antara calon konsumen dan pihak dealer.

Tenaga penjual dealer Mitsubishi di bilangan Jakarta menuturkan diskon sampai Rp5 juta diberikan untuk Xpander dengan sokongan transmisi otomatis. Sedangkan potongan Rp8 juta, disebutkan tenaga penjual untuk varian Xpander transmisi manual. Namun, ia mengatakan unit yang didiskon tersebut hanyalah untuk mobil dengan Vehicle Identification Number (VIN) 2018.


"Untuk potongan harganya segitu dari kami dan jumlahnya memang lebih besar yang Xpander manual," ucap tenaga penjual kepada CNNIndonesia.com, Rabu (13/2).

Menurutnya program ini untuk kemudahan pada konsumen dalam memiliki Xpander yang sejak kedatangannya cukup diminati konsumen.

"Diskon saat ini baru yang produksi 2018. Aku sih tidak tahu apa nanti 2019 diskon atau tidak, yang jelas Xpander 2018 sekarang ready, paling tinggal nyocokin warna sama keinginan konsumen," katanya.

Deputy Group Head Planning Communications MMKSI Intan Vidiasari hingga kini belum merespons pertanyaan CNNIndonesia.com terkait diskon dealer resmi MMKSI.

Mitsubishi diketahui menjadi agen pemegang merek (APM) yang 'keras' menolak memberi potongan harga untuk Xpander sejak diluncurkan pada Agustus 2017. Xpander dijual mulai Rp204,1 juta hingga Rp258,9 juta.

"Harga Xpander ini sangat diterima konsumen. (Tanpa diskon) konsumen menerima dengan harga kmi. Ini terlihat dengan pesanan kami terus berlanjut," kata Kepala Grup Penjualan dan Pemasaran Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Imam Choeru Cahya saat ditemui di BSD, akhir Januari 2019.

Beberapa waktu lalu, Presiden Direktur PT MMKSI Naoya Nakamura menjelaskan bahwa memberikan potongan harga mobil sama saja memainkan 'psikologis' konsumen.

Nakamura pun mencermati strategi Toyota yang tidak menaikkan harga jual Toyota Avanza 2019. Menurutnya permainan harga Avanza-Veloz sangat menarik untuk dicermati.

"Seperti yang kamu bilang tidak ada kenaikan harga, tapi tolong diperiksa antara diskon yang diberikan Avanza sebelum minor change (ubahan minim) dengan harga yang kemarin diumumkan. Diskon sendiri tidak baik, jadi tolong lihat actual prize pas diskon diberikan," kata Nakamura kepada media di Jakarta, Rabu (16/1) atau satu hari setelah hari peluncuran Avanza dan Veloz 2019. (ryh/mik)


BACA JUGA