Auto2000 Respons Kehadiran Nissan Livina Baru

ray, CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 12:25 WIB
Auto2000 Respons Kehadiran Nissan Livina Baru Gambar bagian depan low MPV Nissan terbaru yang akan diluncurkan pada pekan depan. (Foto: Dok. Nissan Motor Indonesia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran low MPV Nissan di Indonesia yang belakangan disebut sebagai suksesor Grand Livina tinggal menghitung hari. Nissan 'Livina' adalah hasil produk kolaborasi dengan Mitsubishi Xpander yang disiapkan untuk mengganggu pasar Avanza.

Chief Executive Officer Auto2000 Martogi Siahaan mencoba menanggapi kemunculan kompetitor Avanza tersebut. Menurutnya, pihak Auto2000 tak ingin ambil pusing dengan peluncuran Livina baru.

Ia menyakini produk si kembar Xpander-Livina tak akan memakan korban, yaitu Avanza. Dijelaskan Martogi, fokus Auto2000 adalah memaksimalkan pengiriman Avanza kepada konsumen di Indonesia.


"Kami maksimalkan dulu delivery ke konsumen," kata Martogi di Jakarta, Kamis (14/2).

Martogi menambahkan, model terbaru Avanza mendapat respons positif dari konsumen di Indonesia.

Khusus Avanza tipe G serta Veloz dengan mesin 1.500 transmisi manual dan otomatis, masa indennya bisa mencapai dua bulan, kendati ia tidak menyebutkan jumlah surat pemesanan kendaraan (SPK).

"Yang bisa saya sampaikan kalau beli Avanza sekarang tidak bisa dapat ready. Berapa tipe tertentu kami bisa satu setengah bulan. Dan ada yang dua bulan tergantung warna dan tipe. SPK (surat pemesanan kendaraan) saya tidak terlalu detail," ucap Martogi.

Waspada Serangan Livina

Livina diketahui selalu menjadi menjadi juru kunci dalam rapor penjualan low MPV Indonesia. Performa Nissan Grand Livina terus turun seiring tahun dan munculnya pesaing dari para kompetitor.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) 2018, Livina berada pada posisi buncit dengan penjualan wholesales (pengiriman dari pabrik ke dealer) 2.437 unit atau di bawah merek baru asal China, yakni Wuling Confero 11.062 unit.

Kompetitor harus mengantisipasi serangan Nissan Livina yang sedang 'mati suri'. Pada pekan depan, Nissan Motor Indonesia akan meluncurkan Livina baru yang menjadi 'kembaran' Xpander.

Xpander terbilang sukses merebut hati konsumen dengan berbagai keunggulan yang tidak dimiliki pesaingnya. Jika Livina terbukti dipersiapkan lebih matang, tidak menutup kemungkinan akan menjadi bumerang bagi Xpander. (ryh/mik)


BACA JUGA