Bentley dan Lamborghini Berebut Titel SUV Tercepat di Dunia

ray, CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 14:00 WIB
Bentley dan Lamborghini Berebut Titel SUV Tercepat di Dunia Ilustrasi. (Foto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bentley merupakan perusahaan otomotif asal inggris yang dikenal sangat mahir dalam menghasilkan mobil-mobil berkecepatan tinggi. Terbaru, Bentley mengklaim telah mampu menghasilkan Sport Utility Vehicle (SUV) tercepat di dunia.

Titel tersebut diberikan kepada Bentley Bentayga Speed. Kecepatan Bentayga Speed diakui 305,7 km per jam seperti dilansir leftlanenews, Jumat (15/2). Sementara melesat dari 0-100 km per jam hanya dalam hitungan 3,9 detik.

Kemampuan itu berkat modifikasi mesin W12 6.000 cc untuk menghasilkan 626 tenaga kuda dan torsi 664 Nm.


Mengimbangi kekuatan mesin yang besar, desainer telah merevisi bagian depan termasuk gril. Juga ubahan pada spoiler dan lingkar roda tersedia dalam tiga lapisan warna.

Dikabarkan bahwa Bentayga Speed akan tampil perdana di pameran Geneva Motor Show yang berlangsung pada bulan depan.

Kendati Bentley mengklaim punya SUV tercepat di dunia, namun sepertinya perusahaan lupa bahwa Lamborghini juga punya SUV berkekuatan 'monster', yaitu Urus.

Banteng asal Italia itu disebut-sebut menyimpan mesin V8 4.000 cc plus twin-turbo dengan daya mencapai 650 tenaga kuda dan torsi 850 Nm. Di atas kertas mobil mampu akselerasi 0-100 km per jam dalam waktu 3,6 detik, dan kecepatan tertinggi 305 km per jam.

Kedua mobil ini cukup mengesankan jika melihat kemampuannya. Namun kembali lagi, catatan yang mereka sebutkan adalah berdasarkan klaim perusahaan masing-masing, dan perlu pembuktian lebih mendalam.

Untuk diketahui, tak perlu dibantah jika kedua perusahaan itu punya line up SUV 'galak', apalagi keduanya di bawah payung grup Volkswagen. Artinya dengan sangat mudah mereka bertukar platform kendaraan untuk menghasilkan SUV-SUV berperforma. (and/mik)