MINI 'Jadul' Disulap Jadi Mobil Listrik

ray, CNN Indonesia | Jumat, 15/02/2019 18:51 WIB
MINI 'Jadul' Disulap Jadi Mobil Listrik Ilustrasi. (Foto: miniusa.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- MINI klasik asal Inggris disulap menjadi mobil bertenaga listrik, menghilangkan mesin konvensional yang tidak ramah lingkungan.

Perusahaan otomotif yang 'jahil' mengubah MINI jadi mobil listrik adalah Swind. Tim teknis perusahaan tersebut membuktikan bahwa mereka selangkah lebih maju di tengah prinsipal MINI masih berupaya mengembangkan kendaraan listrik.

Oleh Swind, MINI 'jadul' itu dinamai E Classic Mini. Debut perdana mobil ini dilakukan London Classic Car Show pada 14-17 Februari 2019.
Carscoops memberitakan, untuk mengubah mobil tersebut menjadi murni bertenaga listrik, perusahaan terpaksa menyingkirkan mesin bakar selanjutnya menggantinya dengan motor listrik tenaga setara 108 tenaga kuda dan baterai berdaya 24 kWh.

Setelah dimodifikasi dengan motor listrik dan baterai, bobot mobil justru bertambah 80 kilogram (kg). Sektor lain yang turut disempurnakan adalah sistem pengereman, perlindungan anti karat, dan suspensi.

Sedangkan fitur standar, MINI listrik dilengkapi lubang USB di kabin, serta pemanas.

Swind, perusahaan asal Inggris itu mengklaim baterai yang tersimpan mampu menggerakkan mobil sejauh 200 kilometer (km) jika baterai terisi penuh dengan lama proses pengisian empat jam menggunakan konektor type 2.

Untuk mencapai 100 km per jam, MINI listrik membutuhkan waktu 9,2 detik dengan kecepatan maksimal mencapai 130 km per jam.

Kabarnya mobil ini bakal diproduksi sebanyak 100 unit dengan harga US$101 ribu atau sekitar Rp1,4 miliar. Produsen menyediakan paket opsional seperti sistem hiburan, alat navigasi, AC, power steering, atap kain yang bisa digeser, warna, serta pengisian cepat. (ryh/mik)