Ogah 'Kembar', Nissan Hati-hati Kembangkan Livina Baru

fea, CNN Indonesia | Selasa, 19/02/2019 15:54 WIB
Ogah 'Kembar', Nissan Hati-hati Kembangkan Livina Baru Nissan mengakui memanfaatkan aset aliansi (Renaut-Nissan-Mitsubishi) untuk menghadirkan generasi baru Livina. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nissan mengakui memanfaatkan aset aliansi (Renaut-Nissan-Mitsubishi) Mitsubishi Xpander digunakan sebagai basis rancangan generasi baru Livina. Menurut pihak Nissan, desain Livina sudah dikerjakan sejak Xpander meluncur pertama kali di Indonesia pada Agustus 2017.

"Ya, kami menggunakan aliansi kami, aset Mitsubishi. Ya itu benar. Setelah peluncuran mobil Mitsubishi [Xpander] kami punya waktu. Dalam periode itu kami sangat berhati-hati mempelajari dan mengembangkan produk dengan desain kami, apa yang kami bisa gunakan," jelas Senior Vice President and Head of Nissan's Asia & Oceania Yutaka Sanada saat peluncuran Livina terbaru di Jakarta, Selasa (19/2).

Menurut Sanada, Xpander sudah diapresiasi baik dari konsumen Indonesia. Hal itu dikatakan kabar baik buat aliansi.


"Jadi kenapa tidak memanfaatkan aset itu. Tetapi di depan konsumen kami yang menunggu produk Nissan, kami mau setidaknya fokus pada wajah depan dan bentuk belakang sesuai ciri Nissan, seperti konsistensi X-Trail atau Serena. Itulah kunci pengembangan setelah kami memutuskan memanfaatkan aset aliansi," ujar Sanada.

Sanada mengatakan juga, pemanfaatan aset aliansi bukan hanya bakal terjadi di Indonesia. Nissan disebut sedang mempertimbangkannya untuk Thailand dan Malaysia.

Nissan Livina baru menyuguhkan gril V Motion yang menjadi ciri khas mobil-mobil Nissan di dunia.Nissan Livina baru menyuguhkan gril V Motion yang menjadi ciri khas mobil-mobil Nissan di dunia. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)

Mesin Nissan Livina 2019

Pada Oktober 2018, Mitsubishi Motors Corporation sudah mengungkap pada tahun fiskal 2020 mesin 1.500 cc Xpander, yang juga digunakan pada generasi baru Livina, bakal diproduksi di pabrik Nissan di Indonesia. Telah diketahui bersama, Mitsubishi Indonesia merupakan produsen Xpander dan Livina.

"Ini adalah peluang bagus buat Nissan dan Mitsubishi. Fasilitas produksi mesin Nissan faktanya dalam hal kualitas di dunia dinilai nomor satu. Tantangan kami, kami belum memanfaatkan penuh aset ini kemudian Mitsubishi mau menghindari beberapa investasi baru," kata Sanada.

Mitsubishi Indonesia telah mengungkap bahwa mengandalkan kode mesin 4A91 teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control System) pada Xpander, dengan pembaruan pada bagian komponen mesin dan setting ECU guna menyesuaikan beban yang diangkut. Sementara itu, Nissan tidak mengonfirmasi kode mesin pada all new Livina.

"Tentu ini adalah win win solution mencoba memproduksi mesin ini di pabrik Nissan dan menyediakannya buat Xpander, produk utama mereka. Kami bisa membuat generasi baru produk ini bersama," jelasnya lagi.

[Gambas:Video CNN] (fea/mik)


BACA JUGA