FOTO: Terang Supermoon di Berbagai Negara

Antara/ AP/ Reuters, CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 08:42 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Fenomena supermoon menerangi seluruh dunia pada Selasa (19/2). Berikut sejumlah pemandangan supermoon yang berhasil diabadikan.

Supermoon yang terjadi pada Selasa (19/2) merupakan fenomena kedua di tahun 2019 setelah Senin (21/1). Seperti yang mulai menampakkan diri di langit Caracas, Venezuela. (Photo by YURI CORTEZ / AFP)
Saat terjadi supermoon, Bulan berada pada jarak terdekatnya dengan Bumi yakni 356.761 kilometer. (REUTERS/Stringer ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. CHINA OUT)
Bulan akan tampak 30 persen lebih terang dan sekitar 14 persen lebih besar dari biasanya. Seperti yang nampak pada situs arkeologi Acropolis di Yunani. (REUTERS/Alkis Konstantinidis)
Kendati demikian, mata telanjang akan kesulitan melihat perbedaan ukuran yang nampak lebih besar. Salah satunya seperti yang diabadikan dari belakang kubah salah satu masjid di Almaty, Kazakhstan. REUTERS/Pavel Mikheyev
Supermoon hanya terjadi beberapa kali dalam setahun karena orbit Bulan mengubah orientasi ketika Bumi sedang mengorbit Matahari. Supermoon juga terlihat dari Palu, Sulawesi Tengah. (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/wsj.)
Sejumlah negara menyematkan nama unik untuk supermoon yang muncul di Februari, mulai dari Snow Moon, Harvest Moon, Wolf Moon, Buck Moon dan Sturgeon Moon. (Daniel Karmann /dpa via AP)
Supermoon terjadi akibat Bulan bergerak mengelilingi Bumi dalam bentuk elips bukan lingkaran. Tampak supermoon berada di atas Liberty Monument di Nicosia, Cyprus. (AP Photo/Petros Karadjias)
Saat fenomena Supermoon dapat memicu air pasang yang cukup tinggi. Hal itu disebabkan oleh Matahari, Bumi dan Bulan hampir sejajar sempurna. (AP Photo/Luca Bruno)