Komputer Apple 'Jadul' Masih Bisa Dipakai

CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 12:17 WIB
Komputer Apple 'Jadul' Masih Bisa Dipakai Komputer Apple IIe. (Foto: REUTERS/Mike Blake)
Jakarta, CNN Indonesia -- Profesor asal Amerika Serikat John Pfaff mengejutkan warganet setelah mengunggah cuitan yang memperlihatkan komputer Apple IIe (2E) milik orang tuanya yang masih bisa dioperasikan. Padahal usia komputer tersebut sudah lebih dari 30 tahun.

Pfaff awalnya tak mengetahui jika komputer tersebut membuatnya bernostalgia dengan gim masa kecilnya.

Pada Sabtu (16/2), Pfaff awalnya hanya ingin membersihkan komputer Apple IIe yang tersimpan di loteng rumah orang tuanya. Secara mengejutkan, komputer tersebut masih bisa menyala dan berfungsi seperti sedia kala.


Ia kemudian memasukkan disk gim lama ke dalam komputer. Muncul notifikasi pada layar bertuliskan "Apakah Anda ingin mengembalikan gim yang tersimpan?"

Tak menunggu lama, Pfaff mencoba memulihkan permainan Adventureland yang dirilis khusus untuk mikrokomputer oleh Scott Adams pada 1978.

"Ini terasa rumit, karena tiga dekade kemudian saya tidak ingat sampai mana saya bermain Adventureland," tulis Pfaff dalam cuitannya.


Selain bisa bernostalgia dengan gim masa kecilnya, Pfaff juga menemukan beberapa floopy disk yang berisi gim lain seperti Millionair, Neuromancer, dan Olympic Decathlon.

Di tempat yang sama, Pfaff juga menemukan salinan tugas sekolah saat ia masih duduk di bangku sekolah menengah dan catatan dari almarhum ayahnya.

Dilansir dari CNN, komputer Apple IIe merupakan model ketiga dalam seri Apple II yang dirilis pada tahun 1983. 

Versi itu disebut-sebut sebagai fitur yang memiliki kemampuan untuk menggunakan huruf besar dan kecil serta fungsionalitas penuh dari tombol Shift dan Caps Lock. Namun, pihak Apple menghentikan produksi Apple IIe tahun 1993, 10 tahun setelah dirilis. (din/evn)