HP Klaim Buat Laptop Kulit Pertama Seharga Rp35 Juta

Tim CNN Indonesia, CNN Indonesia | Rabu, 20/02/2019 18:39 WIB
HP Klaim Buat Laptop Kulit Pertama Seharga Rp35 Juta Ilustrasi. (REUTERS/Jim Young)
Jakarta, CNN Indonesia -- HP hari ini resmi menghadirkan notebook konvertibel kulit pertama di dunia dengan label HP Spectre Folio. HP Spectre Folio diciptakan HP menggabungkan desain premium dan teknologi terkini yang dibutuhkan konsumen high-end.

"Konsumen Indonesia ingin produk premium yang bisa mendukung mobilitas dan pekerjaan. Mereka juga membutuhkan pengalaman dengan teknologi ketika menggunakan produk," kata Chief Operating Officer HP Indonesia, Hendry Widjaja saat peluncuran Spectre Folio di Plaza Indonesia, Jakarta, Rabu (20/2).

HP berkolaborasi dengan perancang aksesoris Rinaldy Yunardy dalam desain laptop ini. Hendry mengatakan saat ini konsumen kelas atas juga mencari desain perangkat yang premium dan berkualitas.


Oleh karena itu, ia mengatakan HP Spectre Folio menargetkan ceruk pasar kelas atas di Indonesia. Hendry mengatakan berdasarkan laporan dari Boston Consulting Group, saat ini konsumen kelas atas di Indonesia mencapai sembilan persen. Diproyeksikan angka ini akan meningkat menjadi 21 persen pada 2030.
"Integrasi pekerjaan dan kehidupan pribadi membuat konsumen membutuhkan lebih dari sekedar teknologi. HP berusaha memenuhi desain kebutuhan ini," kata Hendry.

Hendry menjelaskan ketebalan kulit pada laptop mencapai 0,7 mm. Bahan laptop ini terdiri dari kulit asli yang berwarna kecoklatan dan kromium Cognac Brown.

Laptop ini tersedia dalam tiga posisi berbeda; posisi standar laptop, posisi tablet, dan tenda. 40 magnet ditempatkan dalam laptop untuk memuluskan perubahan tiga posisi.

Perangkat 2 in 1 ini memiliki bentang layar 4K 13,3 inci dengan resolusi 3840 x 2160. Layar ini dilapisi dengan Corning Gorilla Glass 4 an layar sentuh micro-edge 400-nit 4K.
Menyoal prosesor, Spectre Folio menggunakan Intel Core i7-8500Y generasi kedelapan dengan kecepatan 1,5 GHz yang bisa didorong hingga 4,2 GHz . Spesifikasi ini dikombinasikan dengan RAM 16 GB dan ruang penyimpanan SSD berkapasitas 1 TB. Integrated Graphic laptop ini dibekali dengan Intel UHD Graphic 615.

Dari segi desain termal, laptop ini tidak memiliki kipas untuk mendinginkan perangkat. Hal ini bisa dilakukan karena konsumsi prosesor laptop sangat minim.

"Dari segi consumption prosesornya sendiri sangat minim. Tidak menghasilkan panas yang berlebihan termasuk dengan layar," kata HP Consumer PC Market Development Manager, Hansen Wijaya.

HP membenamkan baterai berkapasitas 54.28 Wh yang diklaim bisa bertahan 18 jam. Baterai bongsor ini juga didukung dengan adanya teknologi fast charging yang mampu mengisi 50 persen daya baterai dalam waktu 30 menit.

Dari segi konektivitas, HP membekali laptop dengan dua port Thunderbolt 3, satu port USB, dan konektor jack audio 3,5 mm. HP Spectre Folio dibanderol dengan harga Rp35 juta.

Dengan Rp35 juta, Anda akan mendapatkan berbagai aksesori tambahan seperti HP Digital Pen, HP USB-C Multiport, dan HP Elite Presenter Mouse.

[Gambas:Video CNN] (jnp/age)